Rekomendasi Makanan Khas Serang Banten yang Wajib Dicoba: Makanan yang Satu Ini Kesukaan Para Sultan Banten

Rekomendasi Makanan Khas Serang Banten yang Wajib Dicoba: Makanan yang Satu Ini Kesukaan Para Sultan Banten

Rabeg makanan khas Banten -tangkapan layar akun youtube mbok midut--akun youtube mbok midut

INFORADAR.CO.ID- Inilah lima makanan khas Serang Banten yang wajib di coba, terutama makanan yang satu ini.

Untuk warga Serang Banten khususnya, nama kelima rekomendasi makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga bahkan sudah mencicipinya.

Untuk kamu yang sedang berlibur ke Serang Banten kamu harus banget mencoba semua makanan khas serang Banten ini.

BACA JUGA:5 Makanan yang Kaya Akan Protein, Yuk Jadikan Menu Diet Kamu

Selain itu, ada salah satu makanan yang di sukai oleh para kesultanan Banten yang harus kamu coba juga.

Selain terkenal dengan ciri khas rasa rempah-rempahnya, makanan khas Serang Banten juga punya nama-nama unik salah satunya sambal buroq.

Oleh karena itu, berikut ini lima makanan khas Serang Banten yang dikutip dari kanal youtube BaaBoo-X MuKaGae yang harus kamu cicipi:

1.Sambal Buroq

Sambar Buroq merupakan masakan khas Serang yang hanya disantap pada hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan pada saat pernikahan Saja. Jangan berharap sambal ini pedas. Pasalnya, bahan dasarnya adalah kulit buah melinjo atau tangkil yang sudah memiliki warna merah. Rasanya yang pedas, manis dan nikmat tentunya sangat nikmat  jika disantap dengan rabeg, opor, ataupun semur.

BACA JUGA:Rekomendasi Makanan Malam Tahun Baru untuk Dinikmati Bersama Keluraga

2.Rabeg

Rabeg adalah masakan favorit Sultan Maulana Hasanuddin, terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan saus manis dan pedas. Namun santannya tidak digunakan dalam pengolahannya.  Rasanya mirip dengan rebusan, hanya saja banyak bumbu yang digunakan yaitu bawang merah, bawang putih dan merica, pala, jahe, lengkuas, cabai rawit, dan kayu manis.

3.Sate Bandeng

Sate ini biasanya terbuat dari potongan daging ayam, kambing, atau sapi. Namun di Serang Banten, sate dibuat dari ikan bandeng  tanpa punggung. Keluarkan daging untuk bumbu, masukkan kembali ke dalam cangkangnya, dan tutupi bagian luarnya dengan daging. Ikan tersebut kemudian ditusuk atau diapit di antara potongan bambu agar lebih mudah dipanggang di atas  arang. Rasanya yang harum dan manis bercampur dengan aroma asap yang membara. Sate bandeng  ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh yang wajib dimiliki ketika berkunjung ke Serang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: