Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Ini Rekomendasi Film Pilihan Tentang Pendidikan dari Masa ke Masa

Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Ini Rekomendasi Film Pilihan Tentang Pendidikan dari Masa ke Masa

Potret rekomendasi film tentang pendidikan.-berbagai sumber-

INFORADAR.ID – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan mengambil pembelajaran dari beberapa rekomendasi film pilihan mengenai pendidikan.

Hari Pendidikan Nasional yang tentunya tidak luput dengan banyaknya peran Ki Hadjar Dewantata sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dengan upayanya untuk memajukan pendidikan di masa penjajahan hingaa berkembang seiring berjalannya masa. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelami makna pendidikan yang lebih dalam melalui berbagai media pembelajaran yang salah satunya dari film. 

Terdapat banyak film yang berkaitan dengan pendidikan yang dibuat dari masa ke masa yang sesuai dengan iringan perkembangan zaman. 

Berikut merupakan rekomendasi 5 film yang bertemakan pendidikan agar kamu bisa lebih memahami sejuah mana pentingnya pendidikan bagi nusa dan bangsa dengan perkembangan era:

BACA JUGA:Baru Tayang di Bioskop Trans TV, Inilah Sinopsis Film Bastille Day Aka The Take

1. Laskar Pelangi (2008)

Film Laskar Pelangi merupakan salah satu film yang sangat berkesan dalam dunia pendidikan sepanjang masa, di mana film ini yang juga memberikan banyak pembelajaran hidup bagi diri kita. 

Film Laskar Pelangi yang diambil dari novel yang sangat terkenal pada masanya berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang masih sangat membekas hingga saat ini. 

Film ini berlatar pada tahun 1970-an dengan adanya sekolah dasar di Belitung dengan hanya ada dua orang tenaga pendidik saja dengan 10 orang siswa.

Adanya berbagai keterbatasan dan tekanan yang dirasakan, Ikal dengan kawan-kawan yang lainnya tetap memiliki semangat besar untuk terus menimba ilmu pendidikan agar menjadi seorang yang memiliki pendidikan yang lebih maju.

2. Serdadu Kumbang (2011)

Film ini diambil dari daerah terpencil di Sumbawa Barat dengan jalan film yang tak kalah menarik, di mana film ini bercerita tentang seorang anak kecil bernama Amek, di mana dirinya merupakan orang yang kurang berprestasi dari dua kawan Serdadu kumbangnya, Umbe dan Acan. 

Ketiga sekawan itu memiliki cita-cita tinggi yang sama, namun terhambat karena tidak lulus ujian. Ketiganya tidanya menyerah, dengan adanya Pohon Cita-cita yang kemudian ketikanya menuliskan harapan mereka di dalam secarik kertas dan digantungkannya di pohon tersebut di dalam botol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: