Mengenal Gentle Parenting dan Bagaimana Penerapan dan Manfaatnya untuk Anak dan Keluarga

Mengenal Gentle Parenting dan Bagaimana Penerapan dan Manfaatnya untuk Anak dan Keluarga

Mengenal gentle parenting--instagram @dhannicha

Jujur saja, mengekspresikan perasaan seseorang tidaklah mudah, bahkan bagi orang dewasa sekalipun. Anak-anak yang tumbuh dengan orang tua yang baik akan terbiasa mengekspresikan perasaan mereka. 

Hal ini karena orang tua dengan lembut mendorong semua anggota keluarga untuk melakukannya. Hasilnya, anak memiliki kecerdasan sosial dan emosional yang baik.

BACA JUGA:Daftar Kampus yang Lulusannya Bisa Langsung Jadi PNS

4. Meminimalisir kecemasan anak

Sikap lembut juga dapat mengurangi risiko kecemasan. Anak jadi lebih berani menghadapi 'dunia nyata'. Orang tua yang menerapkan gentle parenting tidak meremehkan kecemasan anak, tetapi mencoba memahami apa yang membuat mereka cemas, misalnya di hari pertama masuk sekolah, dan memotivasi mereka dengan pengertian. 

5. Memiliki batasan dan aturan

Meski selalu berusaha memahami situasi anak, gentle parenting bukan berarti tanpa batasan. Pola asuh ini memiliki batasan dan aturan. 

Berbeda dengan pola asuh permisif yang cenderung membiarkan anak melakukan apa saja. 

Orang tua yang permisif mungkin memiliki ikatan yang kuat dengan anak-anak mereka, tetapi sering kali kesulitan dalam situasi di mana disiplin sulit diterapkan.

Gentle parenting adalah tentang mencapai keseimbangan antara batasan, kepatuhan, dan empati. Pola asuh ini memberikan bimbingan dan dukungan.

Batasan dan aturan dalam pengasuhan yang lembut ditentukan oleh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan usianya. 

Oleh karena itu, anak-anak tidak 'dipaksa' untuk mengikuti aturan yang sebenarnya bukan merupakan tugas perkembangan pada usia mereka. 

Meskipun orang tua yang permisif dapat menjalin ikatan dengan anak-anak mereka, mereka sering kali kesulitan dalam situasi di mana kepatuhan dan pembuatan aturan diperlukan. Pengasuhan yang lembut menyeimbangkan antara pola asuh harimau dan pola asuh permisif.

6. Disiplin, bukan hukuman

Disiplin dalam gentle parenting berfokus pada pelajaran hidup yang berharga, bukan hukuman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: