Sediakan Fasilitas Kesehatan Bagi Pemudik, PMI Kota Cilegon Sediakan 3 Titik Pos Layanan Pertolongan

Sediakan Fasilitas Kesehatan Bagi Pemudik, PMI Kota Cilegon Sediakan 3 Titik Pos Layanan Pertolongan

Tim relawan PMI Kota Cilegon bersiaga mudik lebaran di buffer zone JLS KM 4 Kota Cilegon.-doc pribadi/PMI Kota Cilegon.-

INFORADAR.ID - Upaya membantu masyarakat yang akan melaksanakan mudik ke kampung halamannya, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon membuka tiga pos siaga lebaran.

Pos siaga lebaran ini berupa pos pelayanan pertolongan dengan menyediakan layanan pertolongan pertama dan ambulans sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi kecelakaan kesehatan

Pos siaga lebaran PMI Kota Cilegon tahun 2024 ini dilaksanakan mulai dari tanggal 3-16 April 2024, dibuka selama 24 Jam selama lebih kurang 13 hari dengan melibatkan 40 relawan dan dua unit ambulans.

Sekretaris PMI Kota Cilegon, Ujang Samsul mengatakan,  ketiga pos siaga itu tersebar di jalur mudik lebaran 2024. Pertama, pos berada di Terminal Terpadu Merak (TTM) yang sudah dimulai sejak 3 April hingga 16 April 2024 mendatang, bekerjasama dengan TV One dan Dinas Kesehatan Kota Cilegon.

Kemudian, untuk pos siaga kata dia, berada di Buffer Zone (zona penyangga) yang berada di jalan lingkar selatan (JLS) KM. 4 Citangkil dimulai dari tanggal 4 April hingga H-1 lebaran atau tanggal 9 April 2024.

BACA JUGA:Perjalanan Mudik Malam ke Merak Harus Waspada, Banyak Lokasi Minim Penerangan atau Gelap

"Untuk pos ketiga di JLS persimpangan Ciwandan dimulai dari H+1 lebaran hingga H+6 lebaran atau tanggal 11-16 april 2024, mengingat antisipasi masyarakat (wisatawan) yang akan berlibur ke wilayah pantai anyer dan carita," terang Ujang sebagaimana dalam RADARBANTEN.CO.ID pada (05/04/23).

"Alhamdulillah, sesuai dengan mandat PMI dalam membantu pemerintah pada layanan kesehatan, kami dari PMI Kota Cilegon pada pengamanan arus mudik lebaran ini membuka 3 pos layanan pertolongan," tambahnya.

Lebih lanjut, Ujang menghimbau kepada para pemudik yang akan melakukan perjalan agar melakukan pemeriksaan dan jika mengantuk atau sakit saat perjalanan dapat beristirahat dan memanfaatkan pos kesehatan yang ada.

"Kami menghimbau kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman, pastikan kesehatan diri dan keluarga, lakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan, pastikan kendaraan dalam keadaan prima, lakukan service sebelum dibawa mudik, istirahat setiap 4 jam sekali dan manfaatkan pos kesehatan yang ada jika dalam perjalanan merasa kurang enak badan atau sakit, dan jika mengantuk dapat istirahat dahulu jangan dipaksakan, tetap jaga kesehatan, mudik dengan aman dan selamat," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:H-6 Lebaran Idul Fitri, Sudah 75 Ribu Orang Menyebrang dari Pulau Jawa ke Sumatera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: