Perjalanan Mudik Malam ke Merak Harus Waspada, Banyak Lokasi Minim Penerangan atau Gelap

Perjalanan Mudik Malam ke Merak Harus Waspada, Banyak Lokasi Minim Penerangan atau Gelap

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim usai mengecek posko pengamanan Ciujung, Kamis Sore, 4 April 2024-Fahmi Sa'i-

INFORADAR.ID - Bagi para pemudik yang melintasi jalur Cilegon-Merak di malam hari sebaiknya waspada dan berhati-hati, karena banyak lokasi jalan yang masih minim penerangan alias gelap.

Informasi terkait gelap atau minimnya penerangan di jalur mudik menuju Pelabuhan Merak itu, disampaikan Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim saat meninjau Posko Pengamanan (Pospam) Ciujung, Kabupaten Serang, Kamis sore, 4 April 2024.

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengaku menerima informasi terkait jalur mudik menuju Pelabuhan Merak masih minim penerangan alias gelap. 

Untuk itu, mantan Direktur Reskrimsus Polda Banten tersebut meminta kepada Kapolres untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah. 

Menurut alumnus Akpol 1995 itu, jalur mudik sudah bagus. Namun demikian, terdapat titik kepadatan kendaraan yang diakibatkan oleh pasar tumpah. "Baru pemeriksaan rute, saya lihat jalurnya, infrastrukturnya sudah bagus, cuma titik kepadatan akibat pasar tumpah dan bubaran pabrik. Saya kira wajar saja (kepadatan kendaraan)," katanya di lokasi. 

BACA JUGA:Aplikasi Cek Arus Lalu Lintas dan Kemacetan Paling Akurat untuk Digunakan Pada Periode Mudik 2024

Terkait sarana pendukung seperti penerangan jalan, Kapolda membenarkan adanya beberapa titik yang minim fasilitas penerangan jalan yang dapat mengganggu kelancaran pemudik, khususnya pengendara motor. 

"Informasi yang saya terima, memang ada beberapa titik yang masih minim fasilitas penerangan jalan. Nanti saya minta Kapolres berkordinasi dengan pemerintah daerah agar fasilitas penerangan jalan segera dipasang," ungkapnya. 

Kepada perwira pengawas, Kapolda berpesan, agar mengingatkan seluruh personil yang bertugas sebaik mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan memandu perjalanan mudik masyarakat agar selamat sampai di kampung halamannya. 

"Kepada seluruh perwira pengawas untuk terus mengingatkan petugas yang ada di pospam ataupun posyan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik agar tiba dengan selamat sampai ke kampung halamannya," ungkapnya. 

Terkait dengan situasi kepadatan kendaraan di jalur menuju Pelabuhan Merak, Kapolda mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan rekayasa lalu lintas. Namun demikian, pihaknya akan mengatur buffer zone di tempat penampungan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak. 

"Kita enggak ada rekayasa lalu lintas, kita mengatur buffer zone di tempat -tempat penampungan supaya tidak terjadi penumpukan di Merak," tuturnya. (*)

BACA JUGA:Oleh-oleh Khas Pandeglang untuk Dibawa Mudik ke Kampung Halaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: