Ingin Belajar Sungguh-sungguh? Bentuk Kebiasaan Belajar yang Efisien dengan Cara Ini Deh

Ingin Belajar Sungguh-sungguh? Bentuk Kebiasaan Belajar yang Efisien dengan Cara Ini Deh

Ilustrasi orang yang sedang belajar.-freepik/@syarifahbrit-

4. Menjauhkan Benda yang Bisa Mengalihkan Perhatian Fokus Belajar

Ini merupakan salah satu hal yang terpenting, di mana hal ini bisa melatih konsentrasi kamu agar kamu bisa tetap fokus belajar. 

Jika benda seperti handphone ada di sekitar kamu, ketika ada notifikasi masuk, kamu bisa teralihkan dan malah memilih untuk terus skrol media sosial di handphone kamu. 

BACA JUGA:Tips Belajar Matematika yang Mudah dan Menyenangkan

5. Belajar Secara Teratur

Tetapkan jadwal belajar dengan teratur dengan engikuti jadwa kuliah dari awal hingga selesai agar bisa memudahkan kamu mengingat materi pembelajaran yang telah lalu. 

Tentunya kamu harus rutin dan belajar dengan rajin, sehingga kamu bisa lebih terbiasa untuk mengerjakan tugas jika datang menumpuk. 

6. Konsultasi dengan Guru/Dosen Pengajar

Jika ada hal-hal yang membuat kamu merasa bingung atau juga tidak memahami akan materi yagn disampaikan, jangan sungkan untuk langsung menanyakannya kepada guru atau dosen kamu. 

Adapu jika ada masalah dalam pembelajaran, kamu bisa langsung berdiskusi dengan giri dan dosen kamu, sehingga kamu bisa mendapatkan saran dan masukan dengan pilihan yan terbaik. 

7. Mengunjungi Pusat Bimbingan Belajar

Jika kamu merasa bahwa kamu kurang mendapatkan pemahaman akan materi yang idampaikan di kelas, kamu bisa megikuti tutor belajar di pusat bimbingan.

Kamu bisa mengunjungi pusat bimbingan yang disediakan di kampus kamu atau juga bisa melakukan privat di luar jam kuliah dengan waktu luang yang telah kamu sepakati. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pemahaman lebih dari materi yang kamu pelajari itu, sehingga kamu akan lebih terbantu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai membentuk kegiatan belajar agar terasa lebih efisien, sehingga akan membantu kamu lebih mudah untuk memahami materi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: