Lakukan Hal ini untuk Menghindari Gastritis saat Berpuasa

Lakukan Hal ini untuk Menghindari Gastritis saat Berpuasa

gastritis--Freepik @macrovector

4. Jangan mengonsumsi kafein sebelum makan

Kafein adalah zat yang meningkatkan sekresi asam lambung dalam tubuh. Oleh karena itu, minuman dan makanan yang mengandung kafein sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong.

BACA JUGA:Makanan yang Bagus untuk Penderita Sakit Maag

Pastikan Anda mengonsumsi nutrisi lain sebelum mengonsumsi kafein. Anda juga dapat membatasi jumlah minuman yang mengandung kafein yang dikonsumsi selama berpuasa.

5. Jangan langsung tidur setelah makan

Para ahli medis tidak menyarankan untuk berbaring atau tidur segera setelah makan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan maag. Sebagai gantinya, berbukalah dua hingga tiga jam sebelum tidur untuk memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan.

6. Hindari makanan asam dan pedas

Makanan asam dan pedas berdampak negatif pada asam dalam perut Anda. Karena rasanya yang kuat, makanan ini dapat memicu maag.

Anda harus mengurangi konsumsinya atau mengurangi jatah mingguan Anda. Sebaliknya, tingkatkan asupan makanan yang tidak terlalu asam seperti nasi, sayuran, ikan, dan buah-buahan seperti pisang.

7. Hindari minum minuman bersoda saat berpuasa

Jika Anda melihat minuman seperti itu disajikan saat berbuka puasa, hindarilah. Hal ini dikarenakan minuman bersoda seperti soda dapat meningkatkan keasaman lambung.

Tidak hanya itu, meminum minuman bersoda dapat menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar di tenggorokan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghindari gastritis saat berpuasa.(*)

BACA JUGA:Inilah Sayuran yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Lambung Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: