Lakukan Hal ini untuk Menghindari Gastritis saat Berpuasa

Lakukan Hal ini untuk Menghindari Gastritis saat Berpuasa

gastritis--Freepik @macrovector

INFORADAR.ID - Gastritis adalah rasa sakit di daerah perut atau lambung. Hal ini terjadi karena iritasi selaput lendir lambung oleh asam dan umum terjadi selama puasa.

Gastritis dapat kambuh saat berpuasa karena perubahan atau pembatasan jenis makanan atau waktu makan. Lihat kiat untuk mencegah kambuhnya magnesia selama puasa.

Ada beberapa cara untuk mencegah kambuhnya gastritis selama puasa. Diantaranya adalah tidak melewatkan sahur, berpuasa tepat waktu, tidak makan berlebihan dan tidak minum minuman bersoda selama berpuasa.

Makan saat sahur dan berbuka puasa juga dapat mempengaruhi jumlah mag. Jadi, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan terjadinya gastritis selama berpuasa:

1. Jangan melewatkan sahur

Sahur adalah waktu yang sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat selama berpuasa. Untuk menghindari peningkatan kadar asam lambung dan menyebabkan maag, lakukanlah sahur setiap kali Anda berpuasa. Makanan yang Anda konsumsi saat sahur juga harus bernutrisi agar sistem pencernaan tetap sehat.

2. Berbuka puasa tepat waktu.

Sama halnya dengan sahur, waktu berbuka puasa sangat penting untuk menghindari keasaman lambung. Asam dalam lambung akan menumpuk saat perut dalam keadaan kosong.

BACA JUGA:6 Tips Nyaman dan Aman Jalani Puasa Ramadan Bagi Penderita Maag

Jika perut tetap kosong setelah berbuka puasa, asam dalam lambung dapat meningkat dan menyebabkan maag. Hal ini dapat menyebabkan rasa mual yang terus-menerus.

Jika tidak ada waktu untuk makan besar saat berpuasa, Anda dapat makan dalam porsi kecil terlebih dahulu. Anda bisa minum air putih, makan kurma, dan melanjutkan makan setelah satu atau dua jam.

3. Jangan makan berlebihan

Makan dalam jumlah besar dalam waktu singkat dapat membuat perut terasa berat. Ketika sejumlah besar makanan dimakan, sistem pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya.

Ketika hal ini terjadi, kadar asam lambung meningkat. Untuk menghindari gastritis, makanlah dalam jumlah yang tepat, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: