Pengertian, Prosedur dan Biaya Polishing Gigi yang Gak Mahal Tapi Bikin Warna Alami Gigi Lebih Sehat

Pengertian, Prosedur dan Biaya Polishing Gigi yang Gak Mahal Tapi Bikin Warna Alami Gigi Lebih Sehat

Prosedur dan Biaya Polishing Gigi --freepik/ wavebreakmedia_micro

INFORADAR.ID- Scaling gigi mungkin bukan istilah yang asing bagi kamu yang ingin membersihkan gigi di klinik gigi. Selain Scaling, ada pembersihan gigi polishing.

Polishing adalah prosedur pembersihan lain yang juga perlu kamu pertimbangkan untuk dilakukan agar gigi lebih sehat dan terlihat cantik.

Polisihing gigi akan mengeluarkan warna alami gigi kamu lebih sehat.

Kira-kira berapa biaya dan bagaimana prosedur polishing gigi? Simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Polishing Gigi

Polishing gigi adalah metode pembersihan gigi oleh dokter yang dilakukan untuk menghilangkan noda di permukaan gigi sekaligus membuatnya jadi lebih halus. Lalu, polish gigi untuk apa?

Tujuannya adalah untuk membantu gigi agar terlihat lebih putih dan bersih. Umumnya, polishing gigi menjadi bagian dari perawatan pasca scaling, operasi atau bleaching gigi.

Polishing gigi juga bisa menjadi opsi perawatan gigi yang akan membuat kamu jadi lebih percaya diri karena dapat mengeluarkan kilau dan warna alami gigimu.

BACA JUGA:Waw, Biaya Bikin Plat Nomor Cantik Seharga 1 Motor

Prosedur Polishing Gigi

Prosedur polishing gigi dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Di awal prosedur, dokter akan melakukan pemeriksaan kondisi gigi dan mulut secara menyeluruh. Jika ditemukan karang gigi, biasanya akan dilakukan scaling gigi terlebih dahulu
  2. Prosedur scaling umumnya dilakukan dengan ultrasonic scaler untuk merontokkan dan menghancurkan karang gigi yang menempel di gigi
  3. Jika karang sudah bersih, dokter akan melakukan polishing gigi untuk menghilangkan noda serta merapikan permukaan gigi yang kurang rata
  4. Proses pemolesan dilakukan dengan menggunakan alat menyerupai bor yang pada ujungnya diberi rubber cup (karet)
  5. Selanjutnya, larutan abrasif akan diaplikasikan di permukaan gigi. Dengan menggunakan bor yang sudah berlapis rubber cup, bahan tersebut diratakan (kecepatan rendah)
  6. Dokter mungkin juga akan menggunakan air polishing. Dalam air polishing, dokter menggabungkan air, tekanan udara, dan bahan abrasif untuk memoles gigi
  7. Air polishing biasanya dilakukan untuk membersihkan bagian yang tidak bisa dijangkau dengan rubber cup atau membantu pasien yang sedang melakukan perawatan dengan kawat gigi maupun pemilik gigi sensitif

Secara keseluruhan, prosedur polishing memerlukan waktu kurang lebih 30 sampai 120 menit, tergantung seberapa parah masalah gigi yang dialami oleh pasien.

Berapa Biaya Polishing Gigi

Polishing gigi umumnya dilakukan sebagai bagian dari perawatan gigi atau paket tertentu. Biayanya bervariasi, berkisar Rp400.000–Rp900.000, tergantung lokasi dan jenis perawatan. Faktor lain yang memengaruhi biaya melibatkan jenis perawatan dan fasilitas yang digunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: