Kebiasan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Ramadan Dapat Merusak Pahala Puasa

Kebiasan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Ramadan Dapat Merusak Pahala Puasa

Ilustrasi Hal yang Bisa Merusak Pahala Puasa--unsplash/ Johaer

Jika seorang Muslim melakukan gibah saat berpuasa, ia hanya akan merasa lapar dan haus saja, tanpa mendapat pahala dari puasanya.

3. Fitnah dan Domba Adu

Adu domba dan tindakan memfitnah berakar pada kebencian. Adu domba mungkin muncul dari ketidaknyamanan melihat persatuan orang lain, dan kemudian fitnah menyebar untuk menciptakan celah di antara mereka. 

Padahal, dalam Islam, sanksi terhadap para pelaku adu domba tidak hanya bisa berhenti pada kehilangan pahala puasa, tetapi juga hukuman neraka di akhirat.

BACA JUGA:Do'a Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Mewakili Istri, Anak Laki-laki dan Anak Perempuan

4. Sumpah Palsu

Allah berfirman dalam Al-Quran surah Ali Imran ayat 77:

"Sesungguhnya orang-orang yang menukar janjinya [dengan] Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bagian [pahala] di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak [pula] akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih." (Ali Imran [3]: 77]

5. Tidak menjaga mata

Jika seseorang membiarkan dirinya mengikuti hawa nafsu selama berpuasa, maka pahala puasa akan hilang, dan yang tersisa hanyalah rasa lapar dan haus.

Salah satu pemicu utama hasrat adalah tidak menjaga mata. Jika seseorang tidak menjaga matanya dan tidak mengalihkan pandangannya dari lawan jenis, yang bukan mahram-nya, puasanya akan rusak. 

Oleh karena itu, seorang Muslim harus berhati-hati dalam menjaga penglihatan matanya.

6. Menyia-nyiakan waktu

Membuang-buang waktu untuk kegiatan yang tidak menguntungkan, seperti menonton acara TV yang tidak mendidik atau bermain game sepanjang hari, juga merupakan tindakan yang dapat merusak pahala puasa dan merugikan pahala puasa seseorang.

7. Berkata kasar dan emosi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: