Cara Sederhana Membantu Menjaga Kelestarian Lingkungan agar Lebih Nyaman

Cara Sederhana Membantu Menjaga Kelestarian Lingkungan agar Lebih Nyaman

ilustrasi menjaga kelestarian lingkungan --Sumber & Design Freepik

Pastikan Anda memiliki waktu untuk membersihkan lingkungan Anda dengan memungut sampah atau berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan lingkungan yang diselenggarakan oleh komunitas lokal atau kelompok lingkungan Anda. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam program reboisasi dan rehabilitasi habitat satwa liar untuk meningkatkan keanekaragaman hayati dan melindungi ekosistem.

6.  Gunakan item yang dapat digunakan berulang kali

Kurangi pembuangan limbah dengan menggunakan produk yang dapat digunakan kembali dan hindari produk sekali pakai. Bawalah tas belanja kain saat berbelanja, gunakan botol minuman dan wadah makanan isi ulang, dan pilih produk dengan kemasan minimal atau kemasan yang dapat didaur ulang.

7.  Donasikan barang-barang yang tidak terpakai kepada orang-orang yang membutuhkan

Jika Anda menyumbangkan barang-barang yang masih layak digunakan kepada orang yang membutuhkan, barang tersebut dapat digunakan kembali dan tidak akan berubah menjadi TPA. Itu juga dapat mendaur ulang barang-barang seperti pakaian, furnitur, dan elektronik yang tidak lagi digunakan.

8.   gunakan produk kertas yang terbuat dari 100% kertas daur ulang

Pilih produk kertas yang ramah lingkungan untuk mengurangi penebangan pohon dan mempromosikan penggunaan kertas daur ulang. Hindari mencetak atau menggunakan lebih banyak kertas daripada yang Anda butuhkan, dan manfaatkan teknologi digital seperti email dan dokumen digital untuk mengurangi konsumsi kertas secara keseluruhan.

Dengan melakukan langkah-langkah sederhana ini dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dapat berperan dalam melindungi lingkungan dan menciptakan dunia yang lebih ramah lingkungan dan lebih nyaman bagi generasi mendatang. Ingatlah bahwa semua tindakan, sekecil apa pun, berdampak nyata pada perlindungan alam kita. Melalui kerja sama dan kesadaran bersama, kita dapat menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan bagi kelestarian lingkungan dan kehidupan kita.(*)

BACA JUGA:Bank Mandiri Edukasi Pengelolaan Sampah dan Kampanye Kebersihan di Ajang FIFA Match Day

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: