Alhamdulillah, Diskon Tarif Tol akan Diterapkan untuk Kurangi Jumlah Korban Jiwa Saat Mudik Lebaran

Alhamdulillah, Diskon Tarif Tol akan Diterapkan untuk Kurangi Jumlah Korban Jiwa Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi suasana mudik lebaran di jalan tol.-pexels-pixabay.com

INFORADAR.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa tarif tol akan diturunkan di beberapa ruas tol saat mudik lebaran tahun ini.

Menurut Menteri PUPR, hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah korban jiwa akibat tingginya jumlah mudik lebaran yang melintas.

Dikutip dari berbagai media, pengurangan tarif tol diharapkan dapat diterapkan pada hari-hari tertentu, bukan pada jam-jam sibuk saat mudik lebaran.

Dengan demikian, kemacetan lalu lintas juga akan berkurang.

BACA JUGA:Tips Rental Mobil untuk Mudik Lebaran

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono belum mengumumkan kapan dan di mana pengurangan tarif tol tersebut akan diterapkan.

Menteri Basuki juga mengumumkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menyiapkan tempat peristirahatan sementara di beberapa titik. Namun, jumlahnya tidak banyak.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, potensi mobilitas masyarakat pada Lebaran 2024 diperkirakan akan meningkat secara signifikan dibandingkan tahun lalu.-

Menurut studi yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi, jumlahnya mencapai 193,6 juta.

BACA JUGA:Begini Cara Melakukan Perawatan Mobil Agar Perjalanan Mudik Kamu Lancar Tanpa Hambatan

Tahun lalu, angka ini hanya 123,8 juta. Menanggapi temuan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya mengumumkan bahwa Pemerintah akan menerapkan kebijakan yang efektif untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang kembali.

Hal ini termasuk persiapan rekayasa lalu lintas dan pemberian diskon khusus untuk transportasi, termasuk diskon tol mudik lebaran. (*)

BACA JUGA:Perhatikan Begini Syarat dan Ketentuan yang Harus Dipenuhi dalam Pendaftaran Mudik Gratis 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: