26 Tahun Berkarir, Akhirnya Christopher Nolan Raih Oscar Sebagai Sutradara Terbaik Untuk Film Oppenheimer

26 Tahun Berkarir, Akhirnya Christopher Nolan Raih Oscar Sebagai Sutradara Terbaik Untuk Film Oppenheimer

Sutradara film Oppenheimer meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik di Piala Oscar.-@OppenheimerFilm-

INFORADAR.ID - Setelah bertahun-tahun dinominasikan namun tidak menang, Christopher Nolan akhirnya memenangkan Oscar pertamanya untuk Sutradara Terbaik untuk film thriller biografi tahun 2023, Oppenheimer.

Film Oppenheimer bercerita tentang fisikawan teoretis dengan nama yang sama yang mengembangkan bom atom pada Perang Dunia Kedua dan persidangan terkait keamanan pada tahun 1954.

Film Oppenheimer, dibintangi oleh Cillian Murphy, Robert Downey Jr dan Emily Blunt, karya terbaru Nolan ini merupakan salah satu film yang paling banyak dibicarakan tahun ini, memecahkan banyak rekor di box office dan memimpin persaingan Academy Awards dengan 13 nominasi.

Menjelang akhir acara, diumumkan bahwa Nolan telah memenangkan Oscar pertamanya untuk Sutradara Terbaik untuk Oppenheimer.

BACA JUGA:Oppenheimer Borong Nominasi di Academy Award 2024

Ini merupakan penghargaan pertama Nolan dalam kompetisi tersebut, karena ia bersaing dengan Jonathan Glazer (Zone of Interest), Yorgos Lanthimos (Poor Things), Martin Scorsese (Murderer of the Flower Moon), dan Justine Triet (Anatomy of a Fall).

Hal ini menimbulkan diskusi yang hangat menjelang upacara penghargaan. Nolan sebelumnya telah menerima lima nominasi Oscar untuk film Memento, Inception dan Dunkirk.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Nolan telah menerima beberapa nominasi Oscar sebelum kemenangan Oppenheimer; nominasi pertamanya adalah untuk Skenario Terbaik untuk film thriller blockbuster Memento pada tahun 2002. 

Menariknya, selama ia menghadiri upacara penghargaan sejak saat itu, ia hanya pernah dinominasikan satu kali, yaitu untuk Sutradara Terbaik pada tahun 2017 untuk film Dunkirk, sebuah kisah Perang Dunia II. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Oppenheimer, Ini Dia Film Christopher Nolan yang Murni Tanpa CGI

Nominasi lainnya adalah untuk Inception, yang memenangkan Film Terbaik dan Skenario Asli Terbaik untuk film yang sama.

Nolan bukanlah satu-satunya pembuat film ikonik yang tidak dinominasikan untuk Oscar untuk Sutradara Terbaik.

Quentin Tarantino memenangkan Skenario Terbaik untuk dua filmnya, Pulp Fiction dan Inglorious Basterds, namun belum pernah menang meskipun dinominasikan dalam tiga kategori.

Sutradara Terbaik Martin Scorsese juga telah dinominasikan sebanyak 10 kali dalam 62 tahun karirnya dan hanya sekali memenangkan Sutradara Terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: