Punya Emosi yang Selalu Meledak-ledak? Yuk Kontrol Kemarahanmu dengan 6 Cara Ini

Punya Emosi yang Selalu Meledak-ledak? Yuk Kontrol Kemarahanmu dengan 6 Cara Ini

Potret ilustrasi orang yang sedang marah.-freepik/@rawpixel.com-

INFORADAR.ID – Emosi adalah respons alami terhadap rangsangan yang terjadi pada manusia dan mencakup berbagai Emosi yang intens mulai dari kegembiraan hingga kesedihan. 

Kemarahan adalah bentuk emosi yang muncul sebagai respons atas ketidakpuasan atau ketidaksetujuan terhadap suatu situasi atau perilaku. 

Memahami dan mengelola emosi, termasuk kemarahan, adalah keterampilan penting untuk menjalani kehidupan yang seimbang dan bermakna. 

Mengekspresikan kemarahan dapat menjadi cara untuk mengekspresikan rasa frustrasi, tetapi penting untuk mengekspresikannya secara konstruktif untuk menjaga hubungan yang harmonis. 

Kemarahan dapat bersifat destruktif dan, jika tidak dikelola dengan baik, dapat berdampak negatif pada hubungan interpersonal. 

Mengenali penyebab emosi dan kemarahan dapat membantu orang untuk mengatasi tantangan hidup secara efektif.

Namun dari pada itu, perlu adanya usaha yang dilakukan, yakni dengan mengondtrol emosi atau kemaran yang kerap kali muncul, terutama bagi kamu yang memiliki emosi yang selalu meledak-ledak.

Kamu bisa mengikuti beberapa tahapan berikut ini untuk mengontrol emosi di dalam diri kamu :

1. Tenangkan Diri dengan Relaksasi

Lakukanlah hal ini ketika kamu mulai merasa marah, tenangkan diri kamu. Menggunakan teknik relaksasi adalah cara yang baik untuk melakukannya. 

Terdapat beberapa metode dari relaksasi ini seperti, pernapasan dalam, relaksasi otot secara bertahap, mendengarkan musik yang menenangkan, berjalan-jalan, bermeditasi atau dengan mendengarkan podcast.

BACA JUGA:Sering Tersulut Emosi? Lakuin Hal Ini Deh, Kondisi Emosional Kamu Pasti Berkurang

2. Hindari Pikiran yang Tidak Realistis

Pola pikir yang tidak realistis dapat memicu munculnya perasaan marah. Sebelum kamu membuat diri kamu marah karena pikiran-pikiran ini, pertimbangkan sejenak apakah pikiran-pikiran itu benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: