Tips agar Mata Minus Tidak Terus Bertambah

Tips agar Mata Minus Tidak Terus Bertambah

Potret seseorang yang memiliki mata minus --Freepik @stockking

INFORADAR.ID - Mata minus adalah kondisi refraksi mata yang disebabkan oleh mata yang terlalu panjang atau kelengkungan kornea yang terlalu besar.

Dalam kasus ini, cahaya pada retina tidak terfokus secara optimal dan gambar yang terbentuk pada retina menjadi kabur. Mata minus dinyatakan secara numerik dalam satuan "diopter" (D).

Pada mata minus, cahaya difokuskan di depan retina, padahal seharusnya di retina. Hal ini membuat Anda sulit melihat benda-benda yang jauh secara jelas, sementara benda-benda yang dekat terlihat jelas.

Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari kondisi mata minus sepenuhnya, namun ada beberapa kiat yang berguna untuk membantu Anda merawat mata Anda. Beberapa kiat ini diberikan di bawah ini:

1. Istirahatkan mata

Istirahatkan mata Anda secara teratur saat Anda bekerja di depan komputer, membaca atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi: istirahatlah sejenak setiap 20 menit dan cobalah untuk melihat ke kejauhan.

2. Alihkan fokus Anda

Lakukan latihan mata untuk menjaga lensa mata Anda tetap fleksibel. Misalnya, bergantian fokus pada objek yang jauh dan dekat.

BACA JUGA:Punya Mata Panda di Wajah? Perhatikan Penyebabnya Baik-baik

3. Jangan gunakan gadget di tempat gelap

Menggunakan gadget di ruangan gelap dapat membuat mata Anda bekerja lebih keras. Saat menggunakan gadget elektronik, pastikan ruangan memiliki penerangan yang cukup.

4. Gunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai

Jika Anda telah didiagnosis menderita "mata minus", pastikan Anda menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai. Menggunakan perangkat korektif yang sesuai akan membantu mengurangi ketegangan pada mata Anda.

5. Konsumsilah makanan yang baik untuk mata Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: