Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Jerawat di Wajah

Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Jerawat di Wajah

Seseorang yang memiliki jerawat di wajah --sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh sebum, sel kulit mati dan bakteri.

Beberapa faktor terlibat dalam perkembangan jerawat, yang kombinasinya dapat mempengaruhi seseorang dengan cara yang berbeda.

Penting untuk menemukan perawatan jerawat pada kulit wajah yang tepat untuk jenis kulit Anda dan memperhatikan faktor lingkungan dan gaya hidup yang mempengaruhi kulit Anda.

Ada juga kebiasaan buruk yang dapat memperparah jerawat. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari untuk mencegah jerawat semakin parah:

1. Memencet jerawat

Kebiasaan memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut, merusak jaringan kulit dan meninggalkan bekas luka. Hindari memencet jerawat dan biarkan jerawat sembuh secara alami.

2. Mencuci wajah yang tidak tepat

Jika Anda tidak mencuci wajah secara teratur, sebum, kotoran, dan sel kulit mati dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori. Cucilah wajah Anda dengan lembut dua kali sehari.

3. Mengganti sarung bantal secara tidak teratur

Sarung bantal yang kotor dapat menumpuk bakteri dan kotoran yang menyebabkan jerawat. Gantilah sarung bantal Anda secara teratur untuk menjaga kebersihan wajah Anda.

BACA JUGA:Penyebab Jerawat Sering Muncul yang Harus Anda Perhatikan

4. Menyentuh wajah Anda dengan tangan kotor

Menyentuh wajah Anda dengan tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri dan kotoran ke kulit Anda dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Hindari menyentuh wajah Anda tanpa mencuci tangan.

5. Paparan sinar matahari yang tidak terlindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: