Rahasia Kesehatan Mata, Simpan Kacamata Anda dengan 7 Makanan Ajaib Ini

Rahasia Kesehatan Mata, Simpan Kacamata Anda dengan 7 Makanan Ajaib Ini

Buah-buahan untuk menjaga kesehatan mata-iStock-

INFORADAR.ID – Memelihara kesehatan mata menjadi hal utama karena peran pentingnya dalam aktivitas sehari-hari. 

Ada beberapa cara untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata, termasuk mengistirahatkannya dari penggunaan alat elektronik dan mengonsumsi makanan tertentu.

Sebagaimana dikutip oleh INFORADAR.ID dari laman resmi p2ptm.kemkes.go.id, langkah lain adalah memilih buah dan sayuran yang dapat melindungi mata termasuk dari penyakit seperti katarak bahkan rabun sekalipun.

Berikut beberapa jenis buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan mata:

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tidak Terserang Flu Batuk saat Pancaroba

1.Wortel dikenal sebagai penjaga kesehatan mata karena mengandung Beta karoten, vitamin B6, C, kalsium, kalium, fosfor, dan serat. Nutrisi ini diubah menjadi Vitamin A oleh tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan mata serta melepaskan radikal bebas.

2.Brokoli kaya akan Zeaxanthin dan Lutein yang melindungi mata dari sinar UV serta mengurangi risiko katarak.

3.Bayam mengandung Zeaxanthin, Lutein, vitamin B6, C, K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur, dan klorofil. Vitamin C dalam bayam dapat mencegah penyakit glaukoma.

4.Tomat mengandung vitamin A, C, dan lycopene yang penting bagi kesehatan mata. Dapat dikonsumsi langsung atau sebagai jus.

5.Alpukat kandungan Lutein yang tinggi dapat mencegah degenerasi mata katarak dan macular serta membantu penyerapan nutrisi penting lainnya.

6.Pisang kaya akan Vitamin A, B1, B2, B6, dan C yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

7.Buah Mangga kaya akan Vitamin A, B1, C, dan E yang mendukung kesehatan mata.

Selain buah dan sayuran, ubi jalar juga menjadi sumber Vitamin A dan C yang sering diabaikan. Konsumsi sehari semangkuk ubi jalar dapat memenuhi kebutuhan harian akan Vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

Mengingat pentingnya kesehatan mata dalam menjalani kehidupan sehari-hari, mengonsumsi makanan sehat ini dapat menjadi langkah awal untuk menjaga kesehatan penglihatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: