Musim Penghujan Tiba, Konsumsi Minuman Rempah Ini Guna Penambah Daya Tahan Tubuh

Musim Penghujan Tiba, Konsumsi Minuman Rempah Ini Guna Penambah Daya Tahan Tubuh

Potret minuman herbal wedang yang bagus untuk kesehatan tubuh.-freepik/@jcomp-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan beberapa rekomendasi minuman rempah yang wajib dikonsumsi ketika musim penghujan tiba, Anda wajib coba.

Selain menghangatkan tubuh dan mengusir hawa dingin, minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami memiliki banyak manfaat lainnya. 

Minuman hangat yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia yang kaya akan manfaat ini mampu menawarkan alternatif bagi meningkatkan kesehatan tubuh bagi setiap orang. 

Minuman ini memiliki dampak yang sangat positif dan baik bagi kesehatan tubuh, di mana minuman rempah ini dapat menolak penyakit guna menjaga kesehatan tubuh.

Minuman rempah ini merupakan minuman rempah asli Indonesia yang telah diwariskan secara turun-temurun dan dianggap bermanfaat bagi kesehatan tubuh,

Berikut merupakan beberapa minuman rempah asli Indonesia yang wajib dicoba untuk musim penghujan, antara lain:

1. Bir Pletok Khas dari Betawi

Asal usul minuman pedas asli Indonesia ini sangatlah unik. Masyarakat Betawi dipengaruhi oleh tradisi minum bir atau minuman keras yang kental, dari penjajah Belanda. 

Namun karena norma-norma agama dan pengetahuan yang sudah lawas bahwa bir itu tidak baik untuk kesehatan mereka. 

Orang Betawi menciptakan bir mereka sendiri yang bernama Bir Pletok yang memiliki kekuatan untuk menyehatkan tubuh dengan rasanya yang lezat dan segar.

Bir Pletok yang juga dikenal sebagai bir Betawi, diperoleh dengan merebus 13 rempah-rempah yang berbeda, seperti jahe, jahe merah, kunyit, kayu manis, serai, kunyit, daun pandan, daun jeruk, lada hitam, pala, kapulaga, kembanglawan dan cengkeh serta tidak lupa juga untuk menambahkan pemanis seperti gula pasir, gula aren atau madu hutan, Anda juga bisa menambahkan garam juga, namun tidak boleh ditambahkan saat proses perebusan untuk menjaga khasiat bahan-bahan tersebut.

Bir Pletok dipercaya bermanfaat untuk mengatasi sakit perut, radang sendi, melancarkan peredaran darah, meredakan masuk angin, mual, batuk dan gejala flu ringan.

Di daerah Sumedang, Bir Pletok telah dikembangkan sebagai minuman kemasan dan ketika diminum rasanya mirip dengan soda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena soda merupakan efek dari fermentasi dari gula aren yang digunakan dalam ramuan minuman rempah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: