Jangan Ditahan, Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan Ditahan, Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi tidur siang-iStock-

INFORADAR.ID - Tidur siang memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Secara umum, Tidur siang dapat meningkatkan kinerja kognitif, meningkatkan mood, dan mengurangi risiko penyakit.

Pertama-tama, tidur siang dapat meningkatkan daya ingat dan fokus. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur siang selama 10-30 menit dapat meningkatkan kinerja kognitif dan meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Tidur siang membantu menjaga tingkat produktivitas dan kewaspadaan sepanjang hari, terutama setelah makan siang ketika banyak orang mengalami penurunan energi.

Selain itu, tidur siang dapat memperbaiki mood dan mengurangi stres. Periode istirahat selama siang dapat membantu mengurangi tingkat hormon stres, seperti kortisol, yang dapat berkontribusi pada perasaan cemas dan stres. Tidur siang yang cukup juga dapat meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati secara keseluruhan.

BACA JUGA:Tips Mencegah Kesulitan Tidur Bagi Kamu Kaum Insomnia Wajib Perhatikan

Tidur siang juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Selain itu, tidur siang dapat membantu mengatur kadar gula darah, yang berhubungan dengan pengelolaan berat badan dan pencegahan diabetes.

Secara keseluruhan, tidur siang memberikan kesempatan bagi tubuh untuk pulih dan mengatur ulang, meningkatkan performa kognitif, mengurangi stres, dan mendukung kesehatan jantung. 

Namun, penting untuk diingat bahwa durasi dan waktu tidur siang yang ideal dapat bervariasi untuk setiap individu. Keselarasan antara tidur malam dan tidur siang perlu diperhatikan agar tidak mengganggu pola tidur utama.

Dengan manfaat tersebut, maka alangkah baiknya buat kamu untuk tidak menahan tidur siang. Tentunya, tidur siang dilakukan disela-sela jam istirahat, sehingga tidak membuat pekerjaan kamu terlambat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: