10 Tips Memilih Calon Presiden Dalam Pilpres 2024 untuk Pemilih Pemula

10 Tips Memilih Calon Presiden Dalam Pilpres 2024 untuk Pemilih Pemula

Ilustrasi--Canva/ Edmond Dantes

INFORADAR.ID - Pemilihan calon presiden dan wakil presiden adalah momen penting dalam perjalanan demokrasi suatu negara. 

Bagi pemilih yang baru pertama kali mengikuti proses pemilu, pemilihan calon presiden dan wakil presiden dapat menjadi penentu masa depan negara.

Pemilihan calon presiden adalah momen penting dalam kehidupan sebuah negara. 

Kandidat presiden yang kita pilih akan memainkan peran penting dalam menjalankan pemerintahan, menentukan kebijakan, dan memengaruhi arah negara di masa depan.

Oleh karena itu, para pemilih pemula perlu memahami kriteria apa saja yang perlu mereka pertimbangkan ketika memilih calon presiden dan wakil presiden. 

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memilih calon presiden pada Pilpres 2024 yang dikutip dari fahum.umsu.ac.id pada 18 Desember 2023.

BACA JUGA:Jejak Karir Capres dan Cawapres 2024, Mana yang Lebih Unggul?

1. Pahami Isu dan Kebutuhan Anda

Pertama, penting untuk memahami isu-isu utama yang dihadapi negara Anda. Identifikasi isu-isu yang paling penting bagi Anda dan masyarakat secara keseluruhan, seperti ekonomi, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan. Pahami kebutuhan dan aspirasi Anda sebagai warga negara.

2. Pelajari Riwayat Calon Presiden

Pelajari biografi dan sejarah calon presiden. Pelajari catatan mereka, termasuk pengalaman politik, prestasi, dan nilai-nilai mereka.

Nilai apakah mereka memiliki pengalaman dan keahlian yang relevan untuk menangani isu-isu utama yang Anda anggap penting.

3. Pertimbangkan Karakter dan Integritas

Karakter dan integritas calon presiden sangat penting. Periksa apakah dia memiliki rekam jejak yang baik dan menunjukkan komitmen terhadap kejujuran, etika, dan nilai-nilai moral yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fahum.umsu.ac.id