Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

sumber vitamin c--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Penting untuk kenyang. Makan makanan yang seimbang dan bergizi membuatnya sangat mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Ini jarang terjadi, tetapi ada baiknya Anda perlu berhati-hati dengan beberapa tanda kekurangan vitamin C. 

Kekurangan vitamin C dalam tubuh terjadi karena jumlah vitamin C yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi tidak mencukupi. Seiring waktu, karena kekurangan vitamin C, pemulihan jaringan tubuh, termasuk tulang, gigi, dan kulit yang sehat, tidak terbentuk dengan baik. 

Kondisi ini mulai merusak berbagai jaringan dalam tubuh dan mempengaruhi kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin C persisten (kronis) yang berlangsung lebih dari 3 bulan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Berikut ini 6 Tanda Paling Umum dari Kekurangan Vitamin C:

1. Gusi berdarah

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi. Kekurangan vitamin C memfasilitasi kehilangan gigi dan gusi berdarah.

Bagi mereka yang sudah memiliki masalah kesehatan pada gigi dan gusi sebelumnya, gangguan yang terjadi pada mulut akibat kekurangan vitamin C mungkin lebih serius. Dalam beberapa kasus, kekurangan vitamin C membuat gusi menjadi ungu tua.

BACA JUGA:Manfaat Wortel Kaya Akan Vitamin Baik Untuk Kesehatan Mata Anda

2. Kulit kering kasar dan kemerahan

Vitamin C berperan penting dalam melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Mungkin kekeringan, kulit kasar dan kemerahan terjadi karena paparan sinar matahari, dan tubuh Anda kekurangan vitamin C untuk mengatasi hal ini.

3. Rambut kering dan rontok

Vitamin C membantu membentuk kolagen, menciptakan jaringan kulit baru dan memungkinkan luka menutup dan sembuh dengan cepat. Jika bintik-bintik pada kulit Anda tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, itu mungkin pertanda bahwa Anda kekurangan vitamin C.

4. Sangat mudah untuk jatuh sakit

Vitamin C diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Kekurangan vitamin C menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh, yang membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: