Ketahui 8 Jenis Tepung dan kegunaanya, Agar Adonanmu Tidak Gagal

Ketahui 8  Jenis Tepung dan kegunaanya, Agar Adonanmu Tidak Gagal

macam-macam jenis tepung--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Macam-macam jenis tepung dan Anda perlu mengetahuinya sebelum menggunakannya. tepung biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam kue. Namun, Anda perlu menggunakan jenis kue yang berbeda, tepung yang berbeda.

Mengingat berbagai kegunaannya, perlu untuk benar-benar memahami berbagai jenis tepung ini. Misalnya, tepung beras biasa digunakan untuk membuat kue, pancake, nagasari, cupcakes, bahkan mie.

Jenis tepung lainnya tentu saja digunakan berbeda dengan tepung beras. Tepung biasanya digunakan untuk membuat donat, pasta, dan roti. Bubuk tapioka biasanya digunakan untuk membuat penpek, bakso, shiroka, dan lain-lain.

Sebelum memasak berbagai jenis masakan, Anda harus memahami sepenuhnya jenis tepung dan penggunaannya. Berikut adalah berbagai jenis tepung dan aplikasinya:

1. Tepung terigu 

Produk ini terbuat dari gandum yang digiling halus menjadi bubuk. Ciri khas dari produk gandum ini adalah gluten, yaitu protein elastis yang memberi struktur pada roti, kue, dan produk sejenis.

2. Bubuk tapioka 

Tepung tapioka adalah tepung yang diperoleh dengan menggiling akar singkong kering. Bahan makanan ini diekstraksi langsung dari pati akar umbi-umbian tersebut. Umumnya dikenal sebagai "achi", biasanya disiapkan untuk cireng, chimol, papeda, dan Kue basa.

BACA JUGA:Resep Kue Simpel dan Dijamin Anti

3. Tepung ketan 

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang telah diolah dengan cara digiling. Tepung ketan cocok digunakan sebagai adonan jajanan seperti Crepon dan Gamblong yang memiliki tekstur kenyal yang sama.

4. Tepung beras

Tepung beras adalah tepung yang terbuat dari beras yang dihancurkan atau digiling. Kategori bebas gluten. Tepung ini terdapat pada tepung beras dan biasa digunakan untuk membuat jajanan tradisional seperti puff pastry, nagasari, kue tarom, lempiek, slab dan gorengan, serta dilapisi dengan icing agar hasilnya lebih renyah.

5. Tepung Gula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: