Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil dan Ideal

Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil dan Ideal

ilustrasi berat badan ideal--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Banyak orang berusaha keras untuk menjaga Berat Badan ideal karena berkaitan dengan penampilan dan kepercayaan diri. Namun, selain itu, menjaga Berat Badan ideal juga sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Bagaimanapun juga, kelebihan Berat Badan atau obesitas dapat memicu sejumlah penyakit.

Menjaga Berat Badan ideal sebenarnya tidaklah sulit. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda bisa selalu menjaga berat badan dan terhindar dari risiko obesitas. Lalu bagaimana cara menjaga Berat Badan ideal? Kebiasaan gaya hidup apa saja yang diperlukan? Temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.

Banyak orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk menurunkan Berat Badan adalah dengan mengurangi makan atau tidak makan sama sekali. Faktanya, pendekatan ini salah dan sangat berbahaya. Alih-alih mencapai berat badan ideal, tidak makan sama sekali justru dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Oleh karena itu, perlu diketahui cara yang aman dan sehat untuk menurunkan berat badan. Dalam hal ini, gaya hidup sehat yang dimaksud adalah. 

1. Aktivitas fisik yang kuat

Aktivitas fisik tidak hanya penting bagi mereka yang sedang menambah atau mengurangi berat badan, tetapi juga bagi mereka yang telah mencapai berat badan idaman. Aktivitas ini juga membantu menjaga massa otot, yang berperan penting dalam sistem metabolisme dalam membakar kalori.

Kelas olahraga, berenang, jogging, yoga, aerobik, dan bersepeda 4-5 kali seminggu selama 75-150 menit/minggu sangat direkomendasikan.

BACA JUGA:Manfaat Toge Dapat menurunkan Berat Badan Anda dan beratnya Masa lalu

2. Perbanyak variasi menu makanan

Makanan sebagai sumber nutrisi dan energi tetaplah penting untuk fungsi organ tubuh. Jangan takut untuk makan berlebihan dan menambah berat badan. Pilihlah makanan yang rendah kalori dan bergizi dan teruslah makan.

Bergantian di antara berbagai jenis makanan dan makanlah sepiring penuh. Isi piring Anda dengan 50 persen buah dan sayuran, 15 persen biji-bijian dan kacang-kacangan, 25 persen protein, dan 10 persen karbohidrat.

3. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Sarapan mencegah kenaikan berat badan. Jika Anda tidak sarapan, akan lebih sulit untuk mengontrol berat badan karena Anda akan lebih banyak ngemil dan merasa lapar dan tidak sehat. Jika Anda lapar karena tidak sarapan, Anda berisiko makan lebih banyak saat makan siang, yang akan meningkatkan asupan kalori dan menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk menjaga berat badan ideal Anda, makanlah sarapan dengan gizi seimbang.

4. Istirahat yang cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: