Menjaga Kekebalan Tubuh di Musim Pancaroba, Ikuti 6 Tips Ini

Menjaga Kekebalan Tubuh di Musim Pancaroba, Ikuti 6 Tips Ini

Ilustrasi daya tahan tubuh saat beraktivitas diluar ruangan.-iStock-

INFORADAR.ID - Musim pancaroba identik dengan timbulnya berbagai penyakit seperti demam berdarah, tifus, flu dan diare. Saat memasuk pergantian musim, cuaca menjadi tidak menentu.

Siang hari terik matahari, namun tiba-tiba disore hari hujan lebat ditambah dengan hembusan angin kencang daripada biasanya.

Seperti diketahui, di Provinsi Banten sendiri sudah mulai peralihan cuaca, dari kemarau ke musim hujan, dan cuacanya pun terkadang tidak menentu, sehingga membuat tubuh tidak stabil menghadapi cuaca yang tidak menentu.

Untuk mengantisipasinya, tubuh harus memiliki daya tahan yang optimal. Jika tidak, tubuh akan kesulitan untuk beradaptasi dengab baik terhadap perubahan cuaca. Tubuh jadi rentan terserang penyakit. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba.

1. Makan Makanan Bergizi

Sistem kekebalan tubuh membutuhkan makanan yang baik untuk melawan penyakit, oleh karena itu, makan makanan bergizi seimbang akan sangat membantu.

Melansir Harvard Medical School, para ilmuwan telah mengakui bahwa orang yang hidup dalam kemiskinan dan kurang gizi akan lebih rentan terhadap penyakit menular. Maka dari itu, mulai dari sekarang wajib banyak makan sayuram dam buah, serta hindari makanan cepat saji dan tinggi lemak

2. Perbanyak Minum

Mengkonsumsi cairan harian merupakan salah satu hal yang penting, jangan sampai kekurangan cairan, karena akan membuat tubuh rentan dehidrasi. Minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

BACA JUGA:Yuk Mengenal Lebih Dekat Manfaat Pule untuk Kekebalan Tubuh Anda

3. Tidur yang Cukup

Salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Saat tidur, tubuh akan menggunakan waktu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan, termasuk aiayem kekebalan tubuh. Penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang tidak cukup tidur selama satu malam saja dapat berkurang kekebalannya hingga 70 persen. 

4. Kelola Stres

Stres juga dapat membuat perbedaan besar bagi sistem kekebalan tubuh. Lakukan hal-hal yang bisa membuat diri sendiri rileks seperti yoga, membaca, meditasi, mendengarkan musik, menontin dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: