Wih Inilah Manfaat Buncis yang Bisa Membuat Mata Anda Lebih Fresh

Wih Inilah Manfaat Buncis yang Bisa Membuat Mata Anda Lebih Fresh

Macam macam sayuran penurun hipertensi--Freepik/ KamranAydinov

INFORADAR.ID - Buncis tidak hanya lezat dalam berbagai hidangan, tetapi juga menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan.

Buncis juga kaya akan khasiat yang jarang dimiliki oleh jenis  sayuran-sayuran yang lainnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa makan buncis baik untuk kesehatan Anda.

 1. Serat yang melimpah

Buncis kaya akan serat yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Serat mencegah sembelit, meningkatkan kesehatan usus dan mengatur kadar gula darah. Asupan serat yang cukup juga dapat membantu mengontrol berat badan.

 2. Kandungan vitamin dan mineral

Buncis merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting, termasuk vitamin K, vitamin C, vitamin A dan mangan.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Cabai bantu Meredakan Nyeri dan Sakit Hati

Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

3. Manfaat jantung

Buncis dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dan antioksidan dalam buncis membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 4. Mendukung kesehatan mata

Buncis mengandung dua karotenoid, lutein dan zeaxanthin, yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Senyawa ini melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan membantu mencegah degenerasi makula.

5. Mengurangi risiko diabetes 

Serat dalam buncis dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2 dengan mengurangi kenaikan kadar glukosa darah.

Buncis juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti memberikan dorongan energi secara bertahap tanpa menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

6. Mengandung antioksidan

Antioksidan seperti flavonoid dalam buncis membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini membantu mengurangi risiko peradangan dan penyakit kronis yang terkait dengan stres oksidatif.

7. Protein nabati

Buncis juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh dan buncis merupakan alternatif yang sehat untuk sumber protein.

Memasukkan buncis ke dalam menu makanan tidak hanya menyenangkan selera, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan, buncis merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Untuk menikmati manfaat kesehatan dari buncis, jangan ragu untuk mencoba berbagai hidangan yang terbuat dari buncis.(*)

BACA JUGA:Inilah Manfaat Cabai bantu Meredakan Nyeri dan Sakit Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: