Pendengaran Terganggu? Lakukan Perawatan Telinga Berikut Agar Tetap berfungsi Maksimal

Pendengaran Terganggu? Lakukan Perawatan Telinga Berikut Agar Tetap berfungsi Maksimal

Potret seseoaerang yang sedang mengecek kesehatan telinga. -freepik/@prostooleh-

Jika Anda bekerja di lingkungan yang bising seperti pabrik atau lokasi konstruksi, gunakan penyumbat telinga atau headphone untuk melindungi telinga Anda dari kebisingan.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Lebih Stabil, Kamu Harus Coba Ini!

3. Jangan Gunakan Lilin Telinga

Lilin telinga adalah metode alternatif yang mengklaim dapat menghilangkan kotoran telinga dengan membakar lilin di dekat liang telinga. 

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung keefektifan dan keamanan metode ini, bahkan penggunaan ear candle dapat menyebabkan kerusakan pada telinga, seperti luka bakar, penyumbatan saluran telinga oleh kotoran, dan perforasi gendang telinga. 

Jika kotoran telinga ingin dikeluarkan, sebaiknya jangan mencoba metode yang belum terverifikasi secara medis dan dapatkan saran medis dari spesialis THT.

4. Bersihkan dan Keringkan Telinga dengan Benar

Kelembaban yang berlebihan di saluran telinga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur. 

Hal ini dapat menyebabkan otitis eksterna, infeksi telinga luar. Gejala infeksi ini meliputi nyeri telinga, gatal, bengkak, kemerahan, keluarnya cairan, dan gangguan pendengaran. 

Untuk mencegah infeksi ini, bersihkan telinga Anda setelah mandi atau berenang dengan mengeringkannya dengan handuk bersih dan pengering rambut dingin. Selain itu, hindari memasukkan benda asing ke dalam liang telinga.

Itulah beberapa tips perawatan telinga yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kesehatan dan fungsi telinga yang optimal. 

Jika Anda memiliki masalah telinga, segera konsultasikan dengan dokter THT untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. 

Telinga Anda adalah organ yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda, jadi jagalah agar telinga Anda bebas dari masalah.(*)

BACA JUGA:Mengenal Gangguan Kesehatan Mental dan Penyebabnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: herminahospital.com