10 Negara dengan Bencana Alam Terbanyak di Dunia, Nomor 2 Indonesia

10 Negara dengan Bencana Alam Terbanyak di Dunia, Nomor 2 Indonesia

Bencana alam, gempa bumi.-Ahmed akacha -pexels.com

INFORADAR.ID - Dari tsunami hingga gempa bumi dan kebakaran hutan, hanya ada sedikit batasan tentang seberapa agresif alam. Inilah daftar negara dengan bencana alam terbanyak di dunia.

Negara-negara yang masuk pada daftar negara dengan bencana alam terbanyak di dunia dapat melakukan segala yang mereka bisa untuk membantu melindungi dan menyelamatkan warganya, tetapi pemerintah dan masyarakat seringkali tidak berdaya ketika bencana alam terjadi.

Bencana alam dapat terjadi di mana saja di dunia, tetapi menurut riset data dari Statista, inilah negara dengan bencana alam terbanyak di dunia.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat mencatatkan jumlah bencana alam terbanyak pada tahun 2022, yaitu 26 bencana alam, menggeser Indonesia ke peringkat 1.

BACA JUGA:Termasuk Israel, Inilah Negara dengan Tingkat Keadilan Rasial Terburuk, Nomor 3 Gak Nyangka!

Bencana alam di Amerika Serikat telah menyebabkan peningkatan kebakaran hutan yang stabil sejak tahun 1980-an.

Badai tropis dan gelombang panas termasuk di antara bencana alam paling mematikan, menyebabkan lebih dari 136 kematian akibat kekeringan dan 87 kematian akibat badai musim dingin, menurut laporan Majalah Forbes.

2.Indonesia

Negara Asia Indonesia terletak di dekat Sabuk Vulkanik Pantai Pasifik dan telah menyaksikan 1 bencana alam dalam 20 tahun terakhir.

Negara ini menerapkan langkah-langkah dan sistem yang ketat dalam menghadapi bencana alam, tetapi lokasi geografisnya dan infrastruktur yang buruk di beberapa wilayah menjadikannya salah satu negara yang paling rentan.

Beberapa bencana alam paling signifikan di Indonesia pada tahun 2022 antara lain gempa richter berkekuatan 5,6 SR yang melanda wilayah pegunungan Cianjur di pesisir barat pulau Jawa Indonesia pada 11 Mei.

3. Kolombia

Kolombia adalah salah satu dari 3 negara teratas di antara negara-negara dengan jumlah bencana alam tertinggi di Amerika Selatan dan akan menjadi salah satu dari 14 negara pada Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: statista.com