Pemotongan Jalur Utara Gaza Palestina yang Dilakukan oleh Pasukan Israel untuk Mengisolasi Hamas

Pemotongan Jalur Utara Gaza Palestina yang Dilakukan oleh Pasukan Israel untuk Mengisolasi Hamas

ilustrasi serangan udara pasukan israel--freepik @liuzishan

INFORADAR.ID - Pasukan Israel melancarkan serangan udara di Gaza utara pada hari Senin, memisahkannya dari wilayah lain di Jalur Gaza yang terkepung. Kota terbesar di Gaza palestina itu bersiap-siap menghadapi pertempuran darat dengan militan Hamas dan fase yang lebih berdarah dalam perang yang telah berlangsung selama sebulan ini.

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza palestina yang dikuasai Hamas mengatakan pada hari Senin bahwa jumlah korban tewas di pihak Palestina telah melampaui 10.000 orang. Kementerian tersebut tidak membedakan antara pejuang dan warga sipil. Sekitar 1.400 orang telah terbunuh di Israel, sebagian besar warga sipil terbunuh dalam serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober oleh pasukan israel

Perang yang telah berubah menjadi kekerasan Israel - Palestina yang paling mematikan sejak berdirinya Israel 75 tahun yang lalu, belum ada ujungnya, dan pasukan Israel bersumpah untuk menghapuskan kekuatan Hamas dan menghancurkan kekuatan militernya.

Jumlah korban diperkirakan akan meningkat dengan cepat seiring dengan meningkatnya pertempuran jarak dekat di daerah perkotaan. Media Israel melaporkan bahwa pasukannya diperkirakan akan segera memasuki Gaza. Angkatan bersenjata Palestina, yang telah mempersiapkan diri selama bertahun-tahun, kemungkinan besar akan bertempur dari jalan ke jalan dan menyergap melalui jaringan terowongan yang luas.

Ratusan ribu orang diyakini masih berada di wilayah utara Palestina. Menurut tentara, masih ada koridor satu arah bagi penduduk Kota Gaza dan daerah-daerah sekitarnya untuk melarikan diri ke arah selatan. Namun, banyak yang takut untuk menggunakan rute ini, yang sebagian dikendalikan oleh pasukan Israel.

BACA JUGA:Bantuan Kemanusiaann Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

Dalam beberapa hari terakhir serangan udara telah menghantam fasilitas PBB di mana ribuan orang telah dievakuasi dan rumah sakit yang penuh dengan korban luka dan tanpa listrik.

Mohamed Zakout, direktur jenderal semua rumah sakit di Gaza, mengatakan bahwa serangan udara pada Senin pagi menghantam atap Rumah Sakit Shifa di Kota Gaza, menewaskan sejumlah pengungsi yang berlindung di lantai paling atas dan menghancurkan panel-panel tenaga surya. Panel-panel tersebut membantu menyediakan listrik bagi rumah sakit, yang hanya bisa menggunakan satu generator karena kekurangan bahan bakar.

Para saksi mata mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan salah satu malam penembakan paling intens yang pernah terjadi di Gaza utara.

Israel mengatakan bahwa mereka menyerang 450 target dalam semalam dan menewaskan beberapa komandan militer Hamas. Israel menyalahkan korban sipil yang jatuh akibat aktivitas Hamas di permukiman.

Warga Palestina yang mengungsi ke selatan pada hari Senin melaporkan bahwa penembakan semalam yang dilakukan oleh pasukan israel telah menghancurkan rumah-rumah dan mengubur sejumlah orang yang tidak diketahui jumlahnya di kamp pengungsi Shati, sebuah wilayah padat penduduk di pantai Mediterania yang berdekatan dengan Kota Gaza.(*)

BACA JUGA:Inilah 3 Kapal Rumah Sakit TNI untuk Bantuan Warga Gaza di Palestina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: