Bantuan Kemanusiaann Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

Bantuan Kemanusiaann Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

Bantuan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir pada 8.30 waktu setempat--Dok. Sekretariat Kabinet RI

INFORADAR.ID - Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir pada Senin, 6 November 2023.

Sebelumnya, bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina dilepas oleh Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu 4 November 2023 lalu.

Bantuan kemanusiaan Indonesia yang sudah tiba di Mesir merupakan tahap pertama dengan berat 51,5 ton.

Bantuan ini dikirimkan dengan 3 pesawat dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330 dan dikirim melalui dua rute penerbangan berbeda. 

Pesawat Hercules A-1237 dan A-1238 menempuh rute penerbangan Jakarta – Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (Persatuan Emirat Arab) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir).

Berisikan bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Bahas Bantuan Kapal Rumah Sakit TNI untuk Palestina

Pesawat Hercules pertama mendarat di Bandara El Arish sekitar pukul 08.30 waktu setempat atau pukul 13.30 WIB, lalu disusul pesawat kedua beberapa waktu kemudian.

Sementara itu, pesawat Airbus A330 dengan kode penerbangan JT6001 diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Senin 6 November 2023 dini hari dan langsung terbang menuju El Arish. 

Namun, karena kendala cuaca di sekitar El Arish, penerbangan tersebut sempat dialihkan ke Bandara Internasional Kairo.

Setelah mengirimkan bantuan, dua pesawat Hercules TNI AU kembali ke Indonesia melalui rute penerbangan yang sama dengan keberangkatan. 

"Bantuan ini bukan dari hanya dari pemerintah, namun juga dari masyarakat dan dunia usaha yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan. Ini merupakan solidaritas dan wujud kepeduliaan bangsa Indonesia,” kata Presiden yang dikutip INFORADAR.ID dari kemhan.go.id pada 6 November 2023.

Pada saat yang sama Menhan Prabowo Subianto menyampaikan akan mengirimkan rumah sakit TNI yang siap menerima pasien dari Palestina.

BACA JUGA:Inilah 3 Kapal Rumah Sakit TNI untuk Bantuan Warga Gaza di Palestina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: setkab.go.id