6 Makanan yang Meningkatkan Kolagen, yang baik untuk Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Meningkatkan Kolagen, yang baik untuk Kesehatan Kulit

makanan yang meningkatkan kolagen, yang baik untuk kesehatan kulit--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Kolagen adalah protein penting yang memenuhi berbagai fungsi dalam tubuh. Sebagai contoh, Kolagen memberikan kesehatan kulit dan elastisitas pada kulit serta membantu transformasi sel-sel kulit mati. 

Sayangnya, produksi kolagen dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan berbagai tanda penuaan, seperti kulit keriput. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi asupan kolagen untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan kulit Anda.

Kolagen dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi suplemen atau makanan sehat tertentu. Jadi apa sajakah makanan tersebut? Makanan yang meningkatkan kolagen pada kesehatan kulit.

Berikut adalah beberapa makanan yang meningkatkan kolagen, untuk kesehatan kulit

1. Ayam

Makanan pertama yang saya rekomendasikan adalah ayam. Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen berasal dari ayam. Hal ini karena ayam mengandung berbagai nutrisi penting dan salah satunya adalah kolagen. Secara khusus, paha ayam adalah sumber kolagen terbaik dari ayam. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukkan daging ayam, terutama paha ayam, ke dalam menu makanan sehari-hari.

2. Putih telur

Makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen adalah putih telur. Telur memang tidak mengandung jaringan ikat seperti daging ayam, namun putih telur mengandung prolin yang cukup tinggi. Prolin merupakan salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen dalam tubuh.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Untuk Mendapatkan Wajah yang Cerah dan Halus

3. Ikan dengan kulit

Selain unggas dan putih telur, ikan adalah sumber kolagen yang baik dari makanan. Namun, ikan harus selalu dimakan dengan kulitnya. Hal ini karena kolagen pada ikan tersimpan di dalam kulit.

Selain kolagen, ikan juga dikenal tinggi protein dan kaya akan nutrisi penting lainnya. Misalnya, vitamin D dan asam lemak omega-3 yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

4. Sayuran berdaun hijau

Beberapa sayuran berdaun hijau memainkan peran penting dalam diet sehat. Hal ini karena sayuran berdaun hijau mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: