Buah Karsen, Buah Liar yang Banyak Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Karsen, Buah Liar yang Banyak Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

potret buah karsen yang masih berada di pohonnya--instagram @meisiank

INFORADAR.ID - Beberapa orang mungkin mengenal buah karsen yang juga disebut tarok. Ada juga yang menyebut karsen sebagai keres, ceri-ceri dan seri. Pohon karsen sendiri banyak ditemukan di mana-mana dan dianggap sebagai tanaman liar.

Di Indonesia, meskipun buah karsen memiliki potensi yang tinggi dan berkhasiat sebagai antidiabetes, penggunaan buah kelsen masih belum optimal karena dianggap tidak memiliki nilai ekonomis dan kurangnya pengetahuan tentang penggunaannya.

karsen merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia, dengan tinggi pohon mencapai 8-20 meter. Buah karsen yang matang memiliki rasa yang manis, berair dan dipenuhi dengan biji kuning yang dapat dimakan. Buah ini dapat dimakan langsung atau dibuat selai.

Meskipun ukurannya kecil, buah ini sangat bergizi. Nutrisi yang melimpah ini bertanggung jawab atas berbagai manfaat kesehatan dari buah kelsen. Buahnya berbentuk bulat kecil dan berubah menjadi merah terang saat matang. Kersen juga merupakan buah yang sangat manis ketika matang. Karena itulah, banyak orang, termasuk anak-anak, menyukai buah ini.

Meskipun dianggap sebagai tanaman dan buah liar, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh: Menurut situs buah-daun.blogspot.co.id, kersen mengandung air, serat, vitamin A, vitamin C, betakaroten, riboflavin, niasin, tianin, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, abu, zat besi, dan flavonoid. Selain itu, buah kelsen memiliki sifat anti-kanker, anti-septik dan anti-inflamasi.

Berkat semua nutrisi tersebut, buah kelsen memiliki manfaat yang sama banyaknya dengan jenis buah lainnya. Oleh karena itu, sebelum mengetahui banyaknya manfaat dari buah ini, sebaiknya jangan dianggap remeh: Berdasarkan informasi dari situs buahkesehatan.blogspot.co.id, berikut ini beberapa manfaat buah kelsen untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Rajin Mengonsumsi Buah BIT, Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh Anda

berikut ini manfaat buah karsen bagi kesehatan tubuh anda

1. Melindungi kesehatan jantung

Buah kelsen merupakan sumber nutrisi yang berperan sebagai pelindung otot jantung, sehingga dapat mengurangi pembatasan kebocoran enzim secara signifikan.

2. Pengobatan gangguan asam urat

Buah ini mengandung senyawa dan zat aktif yang dapat mengobati asam urat bila dikonsumsi secara teratur.

3. Meredakan kram perut

Sifat anti septik dan anti-inflamasi dari buah ini dapat digunakan untuk meredakan dan mengobati kram perut; 4. Pencegahan kanker Buah ini memiliki sifat anti-kanker yang mencegah dan menghambat sel kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: