7 Cara Alami dan Sehat Untuk Menambah Berat Badan

7 Cara Alami dan Sehat Untuk Menambah Berat Badan

ilustrasi cara menambah berat badan--freepik @rawapixel.com

INFORADAR.ID - Ada banyak alasan mengapa orang ingin menambah berat badan, seperti terlalu kurus atau ingin terlihat lebih baik. Namun apapun alasannya, mereka harus menambah berat badan dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Metode penambahan berat badan harus disesuaikan dengan kesehatan dan alasan masing-masing orang untuk menjadi kurus. Oleh karena itu, sebelum memulai program penambahan berat badan, Anda harus menghitung indeks massa tubuh dan memeriksa status gizi Anda.

Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa Anda kekurangan berat badan, pahami terlebih dahulu apa penyebab kekurangan berat badan tersebut. Anda kemudian dapat memperbaiki dan menyesuaikan pola makan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Cara terbaik untuk menambah berat badan adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menyebabkan penurunan berat badan. Jika Anda dapat mengatasi kondisi ini, berat badan Anda akan bertambah.

Selain itu, tips berikut ini dapat membantu Anda menambah berat badan dengan cara yang alami dan sehat

1. Makan makanan dengan nilai gizi tinggi 

Hindari makanan dan minuman berlemak atau bergula untuk menambah berat badan yang sehat. Makanlah makanan dengan gizi seimbang seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah, sayuran, ikan, tempe dan telur.

BACA JUGA:Pengen Punya Berat Badan yang Ideal? Lakuin 8 Hal Ini yukk

2. Pilih makanan berkalori tinggi. 

Cara efektif untuk menambah berat badan secara perlahan tapi pasti adalah dengan meningkatkan asupan kalori sebesar 300-500 kkal per hari. Konsumsilah makanan berkalori tinggi yang kaya akan lemak sehat dan protein untuk memenuhi kebutuhan kalori.

Beberapa contoh makanan sehat berkalori tinggi adalah Daging merah, salmon, unggas, telur, Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mede, dan kacang tanah.

3. berolahraga

Jika Anda ingin menambah berat badan, Anda perlu berolahraga secara teratur untuk meningkatkan massa otot dan mengurangi jaringan lemak. Latihan yang disarankan untuk menambah berat badan termasuk push-up dan latihan barbel, latihan kekuatan seperti lunge dan plank.

4. Makan makanan ringan yang sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: