Jangan Buat CV Dengan 5 Ciri Ini, Jika Tidak Ingin Lamaranmu Ditolak

Jangan Buat CV Dengan 5 Ciri Ini, Jika Tidak Ingin Lamaranmu Ditolak

ilustrasi contoh CV--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Untuk melamar pekerjaan, Anda perlu menulis CV selengkap mungkin. CV yang baik dapat membantu Anda lolos ke tahap wawancara tanpa masalah. Namun, satu kesalahan kecil bisa membuat Anda didiskualifikasi oleh departemen HRD. Mengapa?

Perusahaan sangat mementingkan ketelitian dan profesionalisme seorang kandidat pekerja. Tidak peduli seberapa banyak pengalaman kerja yang Anda miliki atau seberapa baik keterampilan Anda, jika Anda membuat terlalu banyak kesalahan dalam lamaran Anda, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda akan sangat kecil.

Meskipun kelihatannya ada banyak hal yang harus dicantumkan dalam CV, ada aturan tidak tertulis tentang apa yang harus ditulis dan apa yang tidak boleh ditulis. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menulis CV atau lamaran, seperti gaya dan detail kontak.

Hal-hal ini perlu diperhatikan agar kesalahan dalam CV Anda tidak berujung pada penolakan dengan alasan tidak profesional. Oleh karena itu, CV yang baik haruslah menarik, efektif, dan tentu saja relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Artikel ini menjelaskan beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para pencari kerja pada CV mereka. artikel ini juga menjelaskan bagaimana cara menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dan bagaimana cara memberikan kesan yang baik pada perekrut. Ingatlah untuk menyimak dengan seksama dan melamarlah.

BACA JUGA:Kamu Freshgraduate yang Butuh Kerjaan Tapi Belum Punya Pengalaman? Berikut Cara Buat Surat Lamarannya

1. CV Anda terlalu umum

CV Anda adalah alat untuk menjual keahlian Anda kepada perusahaan tempat Anda ingin bekerja, jadi pastikan CV Anda spesifik untuk perusahaan tempat Anda ingin bekerja.

Sebagai contoh, jika Anda melamar di bank, CV Anda harus menyertakan keahlian yang berhubungan dengan perbankan dan investasi.

2. Terlalu panjang.

Tidak ada yang salah dengan CV yang terlalu banyak. Namun, terlalu banyak teks dan terlalu banyak konten akan membuat CV Anda kurang menarik bagi audiens.

Saran: buatlah tulisan Anda singkat dan padat. Gunakan kalimat aktif untuk paragraf yang efektif.

3. Terlalu banyak halaman.

Untuk perusahaan yang sangat sibuk, tidak ada banyak waktu untuk membaca CV yang tidak rapi, apalagi CV dengan terlalu banyak halaman!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: