Cobain 9 Resep Sambal Nusantara yang Pedas dan Unik, Nomor 7 Pakai Durian Berani Coba?

Cobain 9 Resep Sambal Nusantara yang Pedas dan Unik, Nomor 7  Pakai Durian Berani Coba?

Ilustrasi Resep Sambal Agar Tahan Lama--freepik

INFORADAR.ID - Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal tidak lengkap rasanya. Apapun hidangannya, selalu ada sambal yang cocok untuk menemaninya.

Meskipun bahan utamanya adalah cabai, setiap daerah memiliki sambal khasnya masing-masing. Hal ini dipengaruhi oleh bahan-bahan yang tersedia dan preferensi penduduk setempat. 

Metode memasak sambalpun beragaram seperti diulek, digoreng, ditumis, direbus, dan bahkan dibakar.

Mungkin jenis sambal nusantara ini bisa dijadikan ide usaha lho, karena sambal merupakan pelengkap makan warga Indonesia.

Di bawah ini adalah sembilan sambal berbeda yang memiliki rasa pedas yang unik dan  membakar lidah.

1. Sambal Terasi

Sambal khas Jawa Barat ini memiliki cita rasa yang unik. Seperti namanya, sambal terasi terbuat dari campuran cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir atau gula merah, tomat dan terasi yang memiliki aroma yang kuat.

Rasa terasi yang kuat dan unik dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda ingin makan lebih banyak. 

Ada banyak hidangan yang cocok dikonsumsi dengan sambal terasi. Sayur asem, tempe atau ayam goreng, ayam goreng atau bahkan semangkuk nasi hangat dengan sambal terasi tetap terasa nikmat.

2. Sambal Bajak

Sambal berikut ini berasal dari Jawa Timur. Sambal bajak dibuat dengan mengulek cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat merah dan udang hingga halus. Cabai kemudian ditumis dengan garam, gula merah dan asam jawa.

Soal rasa, Anda tidak perlu khawatir karena sambal bajak cukup ramah di lidah. Sambal bajak memiliki ciri khas kesegaran, rasa manis yang ringan dan tidak terlalu pedas.

BACA JUGA:10 Minuman Tradisional Sejuta Manfaat Bagi Tubuh, Tak Banyak Orang Tahu

3. Sambal Pecak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id