Cobain 9 Resep Sambal Nusantara yang Pedas dan Unik, Nomor 7 Pakai Durian Berani Coba?

Cobain 9 Resep Sambal Nusantara yang Pedas dan Unik, Nomor 7  Pakai Durian Berani Coba?

Ilustrasi Resep Sambal Agar Tahan Lama--freepik

7. Sambal Tempoyak

Sambal khas Indonesia lainnya yang unik dan wajib dicoba adalah sambal tempoyak. Tidak seperti sambal lainnya, sambal tempoyak menggunakan durian sebagai bahan utamanya.

Sangat populer di Sumatera Selatan, sambal tempoyak dibuat dengan cara memblender durian yang sudah difermentasi dengan cabai merah, cabai rawit, kunyit, gula, dan ikan teri hingga halus. Sambal tempoyak kemudian ditumis hingga harum.

Sambal Tempoyak memiliki rasa asam pedas yang nikmat. Oleh karena itu, sambal ini dapat dikonsumsi dengan cara dicocol dengan sambal atau dimakan sendiri dengan nasi panas dan berbagai lauk.

8. Sambal Roa

Sambal roa dari Manado juga memiliki rasa pedas yang menyenangkan. Dibuat dari ikan roa asap yang dicincang dan diblender, sambal ini memiliki daya tarik tersendiri.

Ikan roa asap dicampur dengan cabai keriting, bawang merah, bawang putih, gula, terasi, daun jeruk dan serai, menghasilkan sambal yang benar-benar unik. 

9. Sambal Ijo

Berasal dari Padang, Sumatera Barat, sambal ini dibuat dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih dan garam, yang memberikan warna hijau segar dan cerah. 

Semua bahan diblender hingga halus lalu digoreng hingga matang. Saat dimakan, sambal ijo tidak terlalu pedas. Oleh karena itu, cocok dipadukan dengan santan dan aneka masakan minang yang berbumbu kuat.

Jadi itulah beberapa sambal nusantara yang unik yang wajib kamu cobain.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id