KUR BRI 2023, Apakah Bisa Untuk Biaya Kuliah? Simak Penjelasannya

KUR BRI 2023, Apakah Bisa Untuk Biaya Kuliah? Simak Penjelasannya

Illustrasi Mahasiswa Mengerjakan Tugas, Dokumentasi--Dokumentasi

iNFORADAR.ID - Ketika memilih universitas yang berkualitas untuk melanjutkan studi, tentunya perlu dipersiapkan dengan matang karena biayanya tidak murah.

Selain itu, jika biaya Anda terbatas, Anda mungkin memerlukan biaya tambahan untuk membayar uang kuliah.Namun, jangan berkecil hati, karena ada banyak cara untuk mendapatkan biaya pendidikan lebih banyak.

Namun sebelum itu, yuk simak artikel ini, barangkali Anda bisa mengajukan pinjaman KUR BRI 2023 untuk biaya kuliah. 

KUR BRI 2023 mulai menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 pada 6 Maret 2023. Penyaluran KUR  dilakukan setelah terbitnya Pemberitahuan KUR 2023. Kebijakan seperti Peraturan Menteri Koordinator  Perekonomian Sektoral, Keputusan Menteri Nomor 1 Tahun 2023 dan instrumen pendukung lainnya.

Terkait penyaluran KUR BRI 2023, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan, dari alokasi KUR  pemerintah sebesar Rp450 triliun pada tahun ini, BRI mendapat alokasi  KUR sebesar Rp270 triliun.

Untuk periode pencairan pertama KUR BRI 2023 pada  Maret 2023, telah dialokasikan KUR sebesar Rp 12 triliun.

Supari menambahkan bahwa digitalisasi memberikan dampak positif terhadap penyaluran KUR BRI 2023.

Tidak hanya fokus dalam penyaluran, BRI juga telah menyiapkan strategi untuk menjaga kualitas kredit KUR yang disalurkan. Diantaranya melalui optimalisasi success rate restruk, monitoring secara berkala penyaluran KUR, serta menggunakan data analytic untuk memperkuat proses credit underwriting.

Senada, Tim Ahli Menko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan saat ini bank-bank sudah bisa menyalurkan KUR, sesuai dengan penugasan masing-masing. "Semua bank penyalur (KUR) kini sudah bisa menyalurkan. Targetnya sesuai Permenko, adalah UMKM yang produktif," kata Iskandar kepada CNBC Indonesia, Jumat (3/3/20230).

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Pinjaman Modal Untuk Usaha Toko Peralatan Bayi, Ini Persyaratannya

Peran KUR menurut dia penting untuk meningkatkan daya saing UMKM. Selain itu, KUR bukan hanya bisa dinikmati oleh UMKM, melainkan juga pelaku usaha ultra mikro melalui KUR super mikro.

Program KUR UMKM hingga ultra mikro menurutnya efektif menjangkau masyarakat Indonesia dan mendorong pelaku usaha naik kelas.

Sebagai informasi, BRI di sepanjang tahun 2022 lalu berhasil menyalurkan KUR dengan total sebesar Rp 252,38 triliun kepada 6,5 juta debitur dengan mayoritas disalurkan kepada sektor produksi. BRI juga berhasil menjaga kualitas KUR yang disalurkan, hal tersebut tercermin dari NPL KUR BRI pada akhir Desember 2022 sebesar 0,83%.

Syarat Pengajuan KUR BRI 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: