Anti Ditolak Pengajuan KUR BRI 2023, Cek Disini Caranya

Anti Ditolak Pengajuan KUR BRI 2023, Cek Disini Caranya

Cara pengajuan Dana KUR BRI 2023.-Website infogobank.com-

INFORADAR.ID - Cara Mengajukan KUR BRI 2023 jika syarat dan ketentuan terpenuhi sangatlah mudah. Mendapatkan modal usaha atau modal investasi bagi UMKM yang dimiliki.

Namun tidak semuanya berjalan baik, misalnya beberapa calon debitur yang mengajukan KUR BRI 2023 ternyata memiliki kredit macet padahal menurut pemangku UMKM tidak ada kredit macet.

Hal ini wajib dilakukan oleh pemohon dalam mengajukan KUR BRI 2023 dan dapat mempengaruhi penilaian di SLIK OJK.

SLIK OJK adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kemungkinan besar, apabila pihak Bank BRI menyebutkan adanya kredit macet merupakan informasi dari SLIK OJK.

SLIK OJK berperan penting untuk pihak Bank agar mengetahui riwayat peminjaman calon nasabah dan status nasabah apakah hitam/black list atau sehat/putih.

BACA JUGA:4 Manfaat KUR BRI 2023 untuk Penguatan Bisnis UMKM

Namun tidak jarang SLIK OJK memberikan informasi yang salah. Hal ini karena salah satu penyebabnya adalah SLIK OJK tidak diperbarui atau diupdate karena, pengisi SLIK OJK adalah kreditur atau pemberi pinjaman, bukan debitur.

Bisa saja pemberi pinjaman sebelumnya kepada calon penerima KUR Bank BRI belum memperbarui status pinjaman yang telah dilunasi hingga menjadikan status mereka menjadi memiliki kredit macet.

Lalu bagaimana cara jitu untuk menyelesaikan masalah kredit macet agar lolos pengajuan KUR Bank BRI?

Pastikan untuk mengumpulkan berbagai bukti pembayaran, bisa juga surat perjanjian atau surat keterangan pelunasan dari kredit yang disebut macet tersebut.

Bukti pelunasan pembayaran tersebut, misal seperti nota, kwitansi, atau surat harus bisa dipertanggungjawabkan secara hukum dan sah di mata hukum.

Kemudian, jadikan satu dalam syarat pengajuan Bank BRI dan berikan kepada petugas yang bersangkutan seperti Mantri Bank BRI.

Hal ini untuk dilakukan pemeriksaan dan pertimbangan agar lolos pengajuan KUR Bank BRI.

Informasi yang lebih lanjut, seorang calon penerima KUR Bank BRI bisa menghubungi Mantri Bank BRI untuk berkonsultasi atau datang ke kantor cabang terdekat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: