UMKM Wajib Tahu, Pinjaman KUR BRI 2023 Limit Rp70 Juta Cicilan Rp1 Juta

UMKM Wajib Tahu, Pinjaman KUR BRI 2023 Limit Rp70 Juta Cicilan Rp1 Juta

Ilustrasi Pengusaha yang menggunakan KUR BRI--freepik/ tirachardz

INFORADAR.ID - Bank Rakyat Indonesia (BRI) menawarkan berbagai plafon kredit usaha rakyat atau KUR BRI 2023 untuk membantu permodalan UMKM.

Salah satu kelebihannya, pelaku UMKM dapat mengakses plafon kredit KUR BRI 2023 sebesar Rp 70 juta dengan cicilan ringan mulai dari Rp 1 juta per bulan, bahkan UMKM dapat meminjam tanpa perlu agunan tambahan.

Mengutip dari kur.bri.co.id, pinjaman Rp70 juta ini termasuk dalam jenis KUR Mikro BRI dengan plafon maksimal Rp 100 juta. Anda bisa mengajukan KUR BRI 2023 dengan persyaratan yang mudah dan prosedur yang cepat.

Jika persyaratan yang diajukan lolos verifikasi dan disetujui oleh pihak bank, maka prosedur pencairan KUR BRI limit Rp 70 juta hanya membutuhkan waktu sekitar tiga hari kerja.

Namun sebelum mengajukan, Anda perlu memahami syarat dan ketentuan pinjaman KUR BRI seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, pengajuan pinjaman KUR BRI maksimal empat kali untuk sektor produksi pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.

Di sisi lain, pengajuan pinjaman KUR BRI 2023 untuk sektor perdagangan dan jasa maksimal dua kali untuk sektor perdagangan dan jasa. Tidak boleh lebih dari itu.

BACA JUGA : Cara Mudah Ajukan Pinjaman di KUR BRI 2023

Berapa suku bunga KUR BRI 2023: 6% per tahun untuk pinjaman pertama, 7% per tahun untuk pinjaman kedua, 8% per tahun untuk pinjaman ketiga, dan 9% per tahun untuk pinjaman keempat.

Untuk mengajukan pinjaman KUR BRI 2023 dengan limit Rp 70 juta, Anda perlu melampirkan beberapa berkas, antara lain KTP, KK, surat keterangan usaha (SKU), surat nikah dan NPWP.

Persyaratan lain untuk pinjaman KUR BRI antara lain menjalankan usaha produktif yang dinilai layak oleh bank dan telah aktif minimal enam bulan.

Selain itu, pemohon juga belum pernah mengambil pinjaman dari lembaga perbankan, kecuali kredit konsumsi seperti KPR, kredit mobil, kartu kredit, dan lain-lain.

Selain memenuhi persyaratan di atas, Anda juga harus memiliki catatan kredit yang dikenal dengan sebutan Skor Layanan Informasi Kredit (SLIK). Untuk menghindari masuk dalam daftar hitam.

Screening merupakan bagian penting dalam proses pengajuan KUR BRI 2023. Catatan kredit yang bersih akan meningkatkan kepercayaan bank dalam menyetujui pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: