Jarang Diketahui, Ternyata Ini Khasiat Bunga Telang Bagi Tubuh

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Khasiat Bunga Telang Bagi Tubuh

Tampak warna biru keunguan bunga telang yang memiliki banyak manfaat.-Tangkapan layar Instagram @bubgatelangsolo-

Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol dalam bunga telang, sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan.

Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam bunga telang juga manfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

5. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52 persen asam oleat. Biasanya, asam lemak baik ini, ditemukan pada minyak zaitun.

Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan atau anti-inflamasi yang dapat mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

6.  Mengurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung

Jika Anda mempunyai kondisi tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba bunga telang karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Alasannya adalah karena senyawa antosianin juga dapat membantu mengurangi kekakuan arteri. Semakin kaku arteri, maka semakin sulit darah mengalir sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat bunga telang seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat membuat teh bunga telang, caranya petik 10 kelopak bunga tersebut lalu seduh dan rendam selama 15 menit di dalam air panas.

Ketika kelopaknya sudah tidak berwarna biru lagi, buang kelopak dan saring airnya. Air akan tampak berwarna biru keunguan dan siap untuk diminum.

Namun sebelum anda mengonsumsi bunga telang sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apalagi  bunga telang memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan dapat memicu mual dan diare.

Ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi bunga telang. (*)

BACA JUGA:5 Manfaat Pare yang Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: