Jarang Diketahui, Ternyata Ini Khasiat Bunga Telang Bagi Tubuh

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Khasiat Bunga Telang Bagi Tubuh

Tampak warna biru keunguan bunga telang yang memiliki banyak manfaat.-Tangkapan layar Instagram @bubgatelangsolo-

INFORADAR.ID – Bunga Telang atau juga dikenal sebagai Butterfly Pea karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu, adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat yang sering kali tidak diketahui oleh banyak orang.

 Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru cerah keunguan yang khas, kelopak berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu.

Tidak akan ada yang menyangka bahwa bunga yang sering dijadikan tananam hias ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan.

Dikutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI berikut sejumlah khasiat bunga telang yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1.    Baik untuk kesehatan otak

Bunga telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf.

Tak hanya itu, kembang telang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

2.    Membantu memperbaiki mood/ suasana hati

Minum teh bunga telang dipercaya memiliki efek penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, mempengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

BACA JUGA:5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Ternyata Banyak Manfaatnya

3.  Mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut

Bunga telang mengandung bioflavonoid dan anthocyanin, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta mampu mengatasi kerontokan rambut serta mengurangi munculnya uban.

4.    Mengandung antioksidan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: