Berawal Dari Hobi, Ternak Ayam Ketawa Hasilkan Omzet Jutaan Setiap Bulannya

Berawal Dari Hobi, Ternak Ayam Ketawa Hasilkan Omzet Jutaan Setiap Bulannya

Subaeti saat menampilkan ayam ketawa peliharaannya di tempat budidaya Ubay Bey Ketawa Farm-Rajudin-

INFORADAR.ID - Seorang warga lingkungan Cilentrang, Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon berhasil budidaya ayam ketawa yang berawal dari hobi.

Subaeti atau Ubay sapaan akrabnya sejak remaja sudah menyukai memelihara ayam, berangkat dari hobi yang di tekuni sejak lajang kini ubay mendirikan tempat budidaya ayam ketawa bernama Ubay Bey Ketawa Farm.

Ayam ketawa hasil dari budidaya Ubay Bey Ketawa Farm banyak dilirik pecinta ayam tingkat nasional, hal ini dibuktikan setiap bulannya Ubay Bey Ketawa Farm mengirim ayam ketawa hasil budidayanya ke luar Pulau Jawa dengan rata-rata menghasilkan omzet Rp2,7 juta setiap bulannya.

"Kalau ternak ayam ketawa dari 2016 tapi kalau ternak ayam kampung ini dari 2007 akhir, lumayan lah setiap bulannya bisa menghasilkan kisaran Rp2,7 juta perbulannya," ujar Ubay saat ditemui, Rabu 6 September 2023.

Ubay Bey Ketawa Farm berfokus budidaya ayam ketawa jenis durasi panjang dan durasi pendek, biasanya sekali berkokok ayam ketawa jenis durasi panjang bisa berkokok sampai 30 detik hingga 3 menit.

Dalam sebulan, Ubay bisa mengirim puluhan ayam ketawa baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa. Dia juga mampu meraup omzet jutaan rupiah dalam setiap bulannya.

"Bulan kemarin sudah jual anakan itu 19 tambah 7. Jago 3 di bulan ini 30 an lah. Pasaran harga ayam ketawa yang gede itu tergantung sih saya kan tipe durasi kalau gagal kokoknya pendek itu mah jadi ayam biasa itu di jual minimal Rp500 ribu yang jantan kalau yang jadi itu bisa di atas Rp2 juta," ungkap Ubay.

Ubay menyatakan hasil ayam ketawa budidayanya 75 persen di peruntukan untuk di ternak kembali sementara 25 persen lainnya di peruntukan untuk hewan kontes.

"Justru kalau yang beli di saya itu 75 persen untuk di ternak lagi yang kontes itu paling 25 persen, karena saya juga orientasinya untuk ternak, tapi memang kalau mau gengsinya tinggi yaitu main kontes," kata Ubay. 

Ubay menceritakan metode pemasarannya yang digunakan hanya mengandalkan media sosial facebook, sebab melalui facebook dirinya bisa memasarkan secara lebih luas melalui grup-grup pecinta ayam kontes seluruh Indonesia. 

Dia mengungkapkan, nilai pasar ayam ketawa di Cilegon dan Serang masih tergolong rendah. Hal ini di karenakan konsumen belum mengetahui ayam yang berkualitas dari Ubay Bey Ketawa Farm. 

"Penjualan justru lebih banyak dari luar kota, orang Cilegon Serang tawarannya masih rendah. Kemarin ada yang nawar pengen ngeborong per ekor tawar Rp100 ribu  anakan umur seminggu. Biasanya di saya umur seminggu itu Rp200 ribu," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: