Rincian Syarat, Ketentuan, Jenis, Besaran Bunga dan Batas Nominal Peminjaman KUR BRI Terbaru

Rincian Syarat, Ketentuan, Jenis, Besaran Bunga dan Batas Nominal Peminjaman KUR BRI Terbaru

Ilustrasi potret brosur KUR BRI.-instagram/@rupa_digitalprinting-

INFORADAR.ID – Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program yang berguna untuk membanatu masyarakat dalam mengembangkan usaha dengan sistem peminjaman modal usaha dari bank terkait, seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menyediakan program serupa.

KUR BRI ini menjadi salah satu layanan yang sangat dikenal oleh para pengusaha yang melakukan pengajuan Peminjaman KUR dengan tahapan yang tentunya harus dipersiapkan secara matang.

Syarat dan ketentuan umum pengajuan peminjaman KUR BRI ini sebagaimana seperti beberapa hal berikut ini:

- Warga negara Indonesia (WNI) ;

- Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah;

- Mimiliki KTP, Kartu Keluarga dan Akta Nikah;

- NIB atau surat keterangan usaha dari kelurahan, RT, dan RW

- Memiliki NPWP;

- Usaha minimal sudah berjalan selama 6 bulan.

Adapun jenis peminjangan KUR ini terdiri dari 3 jenis, antara lain:

BACA JUGA:Syarat Pengajuan KUR BRI Tanpa Jaminan, Cek Biar Cepat Cair

1. KUR Supermikro

KUR Supermikro merupakan KUR dengan limit peminjaman Rp 10 juta per satu nasabah dengan besaran bunga sebesar 3% pertahun dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

2. KUR Mikro

KUR Mikro ini terbagi ke dalam 2 jenis yang berbeda yang di antaranya:

KUR Mikro Produksi 4P (pertanian, Perikanan, Peternakan dan Perkebunan), KUR Minkro dengan jenis ini memiliki akumulasi plafond hingga 400 juta.

KUR Mikro Selain Sektor Produksi 4P (Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Perkebunan), yang batas maksimal peminjaman 2 kali dengan akumulasi plafond sebesar 200 juta.

Batas banyak pengajuan peminjaman KUR Mikro ini maksimal peminjaman sebanyak 4 kali dengan bunga mulai dari 6% yang terus meningkat dalam banyak pinjaman yang dilakukannya jika pinjaman ke-4 sebesar 9%.

3. KUR Kecil

KUR Kecil yang dilakukan oleh sejumlah sektor usaha ini memberikan limit peminjaman dari RP50 juta hingga Rp500 juta dengan jangka waktu maksimal 4 tahun.

Adapun suku bunga untuk sektor KUR BRI di jenis ini sama halnya seperti pada KUR Mikro yang sama persis dengan batas 4 kali dan banyak bunga yang sama mulai dari 6% hingga 9%.

Itulah rincian dari syarat, ketentuan, jenis, besaran bunga dan batas nominal peminjaman KUR BRI yang bisa kita lakukan untuk membantu modal usaha kita agar bisa lebih berkembang.(*)

BACA JUGA:Berikut syarat dan ketentuan KUR Mandiri 2023, Kredit Usaha Likuid Rp100 Juta,tabel pelunasan suku rendah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: