Kurangi Aktivitas Main Gadget, Anak-anak Perumahan Griya Permata Asri Asyik Belajar di Taman Baca dan Bermain

Kurangi Aktivitas Main Gadget, Anak-anak Perumahan Griya Permata Asri Asyik Belajar di Taman Baca dan Bermain

Potret kegiatan Taman Baca dan Bermain anak-anak Perum Griya Permata Asri, Minggu (03/09/23).-pict/syabani-

INFORADAR.ID – Jika hari-hari weekend kalian diisi hanya berdiam diri di rumah sambil main gadget, berbeda dengan anak-anak di lingkungan Perumahan Griya Permata Asri yang asyik bermain menghabiskan waktu bersama teman-teman sejawatnya.

Maraknya gadget yang kerap kali dimainkan oleh anak-anak saat ini, dapat menghambat sosialisasi anak-anak, sehingga hal itu menjadi salah satu keresahan terbesar bagi masyarakat lingkungan Griya Permata Asri.

Dengan adanya keresahan itu, istri Ketua RT 05 Perumahan Griya Permata Asri, Kelurahan Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang Diana Yuliantini berinisiatif membangun lingkungan bermain yang positif dengan menyediakan Taman Baca dan Bermain di lapangan Perumahan Griya Permata Asri, RT 05, RW 04.

“Biasanya mereka itu kalo di rumah kerjaannya main gadget aja, bahkan sampe lupa waktu. Jadinya banyak ibu-ibu yang ngeluh,” ungkap Diana.

Dengan digagasnya kegiatan taman baca dan bermain, banyak anak-anak yang sangat antusias datang, sehingga dapat memenuhi tempat yang sudah disediakan dengan hamparan alas untuk kegiatan anak-anak sekitar.

Bukan hanya di hari Minggu saja, kegiatan di Taman Baca dan Bermain ini terbuka di setiap hari Sabtu mulai dari pagi hingga sore hari, karena banyak dari mereka sudah libur di hari Sabtu.

Pagi hari, anak-anak mulai berdatangan dan silih bertambah, sehingga memenuhi kawasan Taman Baca dan Bermain, sehingga saling bertegur sapa antar sesama dan semakin ramai menjelang hingga sore.

Meskipun Taman Baca dan Bermain ini baru dibuka pekan lalu, tepatnya pada tanggal 26 Agustus 2023, tapi sudah banyak mendapat sambutan yang baik oleh masyarakat sekitar.

“Masyarakatnya antusias banget setelah adanya Taman Baca dan Bermain di sini, bahkan warga dari alingkungan RT lain juga ikut bergabung, karena memang baru ada satu-satunya tempat seperti ini di GPA. Alhamdulillah, setelah ada kegiatan ini, anak-anak lupa sama handphone-nya,” tutur wanita yang juga menjabat sebagai pimpinan perusahaan Radar Banten tersebut.

Banyak ibu-ibu yang bahkan mengantarkan anaknya ikut bergabung dan bersosialisasi dengan teman-teman di lingkungannya agar lebih akrab dan tidak hanya berdiam diri di rumah saja.

Tidak hanya itu, terdapat juga masyarakat yang ikut serta berperan untuk menyuguhkan minuman dan makanan bagi anak-anak dan beberapa warga yang turut mengawasi anak-anaknya dengan saling berbincang satu sama lain.

Salah satu peran kegiatan di Taman Baca dan Bermain ini juga mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak agar lebih mengenal permain zaman dulu.

Selain itu, anak-anak juga secara tidak langsung diajarkan untuk tertib dan patuh, sehingga pada waktu-waktu melaksanakan shalat, mereka akan pergi ke masjid yang dekat dengan kawasan Taman Baca dan Bermain itu.

Adapun ketika jam makan, mereka akan pulang ke rumah masing-masing hingga kembali bergabung dengan teman-temannya ke Taman Baca dan Bermain ini setelah selesai makan siang.

“Ke depannya Taman Baca dan Bermain ini insyaallah akan dibangun lebih baik lagi, supaya anak-anak bisa lebih nyaman belajarnya, dan tentu saya berharap agar anak-anak bisa terbiasa terbiasa membangun hubungan sosialnya sehingga mengurangi bermain gatget,” harap Diana untuk anak-anak lingkungan Griya Permata Asri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: