Presiden Jokowi Tanggapi soal Megawati Minta KPK Dibubarkan

Presiden Jokowi Tanggapi soal Megawati Minta KPK Dibubarkan

Presiden Jokowi memberi keterangan pers kepada awak media usai meninjau Pasar Brahrang, Kota Binjai, Provinsi Sumatra Utara, Jumat, 25 Agustus 2023. Foto: BPMI Setpres/Kris-----

INFORADAR.ID --- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal wacana pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan santai. Jokowi menilai bahwa selama ini sistem yang berjalan di KPK sudah baik dan KPK juga rutin melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengusulkan agar lembaga KPK dibubarkan. 

"Jadi lembaga KPK itu saya nilai sudah bagus. Sistemnya juga sudah bagus. Kemudian tiap bulan juga ada OTT," kata Jokowi kepada awak media usai meninjau Pasar Brahrang, Binjai, Sumatra Utara, Jumat, 25 Agustus 2023.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa evaluasi tetap perlu dilakukan di semua lembaga negara, termasuk KPK.

"Menurut saya, mesti ada yang perlu duevaluasi, perlu diperbaiki. Saya kira semua lembafa pasti ada kekurangannya. Nah, itu yang harus diperbaiki, harus dievaluasi," kata Jokowi sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id.

Dalam suatu kesempatan, mantan Presiden ke 5, Megawati Soekarnoputri menilai KPK, tidak efektif menekan korupsi di Indonesia. Megawati mengaku, dirinya sempat meminta Presiden Jokowi untuk membubarkan KPK, karena tidak efektif menekan korupsi.

"Jadi saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, 'Udah deh bubarin aja KPK itu Pak, menurut saya gak efektif. 'Ibu nek kalao ngomong ces pleng," kata Megawati menirukan obrolannya dengan Presiden Jokowi.

 

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: