Pesawat Super Hercules C-130J Ketiga Diserahkan ke TNI AU

Pesawat Super Hercules C-130J Ketiga Diserahkan ke TNI AU

Wamenhan M Herindra menyiramkan bunga ke bodi Pesawat Super Hercules C-130J dalam upacara penyerahan pesawat ke TNI AU, Selasa, 15 Agustus 2023 di Lanud Halim Perdanakusuma. Foto: Laman FB Kementerian Pertahanan RI -----

INFORADAR.ID --- Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyerahkan Pesawat Super Hercules C-130J/A-1343 ketiga produksi Lockheed Martin kepada TNI Angkatan Udara (AU), di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra mewakili Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman.

Penyerahan ditandai dengan pelepasan tirai logo Skadron Udara 31, dilanjutkan dengan pemecahan kendi dan penyiraman kembang ke bodi pesawat. 

Dalam kesempatan tersebut, Wamenhan mengatakan bahwa kegiatan pengadaan pesawat angkut canggih ini merupakan wujud nyata komitmen Menteri Pertahanan Prabowo, dalam upaya modernisasi alutsista TNI khususnya TNI AU, agar semakin tangguh dan kuat dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Sehingga ke depan kita akan terus memperbaiki, memodernisasi pesawat-pesawat yang saat ini sudah usang," kata M Herindra sebagaimana dilansir dari laman FB Kementerian Pertahanan RI. 

Dalam acara penyerahan tersebut hadir antara lain Wadankodiklat AU, Kaskoopsudnas, Kabaranahan Kementerian Pertahanan, Pangkoopsud I dan Kasatgas Udara, serta sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Sebagaimana diketahui, pesawat pertama dan kedua Super Hercules C-130J produksi Lockheedmartin, Amerika Serikat, telah diresmikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu dan telah diserahkan kepada Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 

Sedangkan pesawat ketiga, yang datang pada, Rabu, 9 Agustus 2023, diterima Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan Marsma TNI Yusran Lubis di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

Seperti biasa, kedatangan pesawat disambut tradisi water salute dan pengalungan slempang batik kepada empat crew pesawat C-130J Lockheedmartin oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI Toni Harjono.

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: