5 Gaya Belajar Sesuai yang Mencirikan Kepribadian Seseorang, Kamu Ada di Tipe yang Mana?

5 Gaya Belajar Sesuai yang Mencirikan Kepribadian Seseorang, Kamu Ada di Tipe yang Mana?

Potret seorang pemuda yang sedang belajar dengan giat.-@freepik-

INFORADAR.ID – Belajar menjadi salah satu kegiatan rutin yang kita kerjakan dalam keseharian kita, sehingga masing-masing diri memiliki kepribadian atau tipe yang berbeda dalam belajar.

Cara belajar yang berbeda ini mampu memberi gambaran seperti apa kebiasaan dan kepribadian seseorang dalam mengingat materi pembelajaran.

Tipikal belajar yang berbeda pula akan sangat berpengaruh terhadap daya ingat seseorang untuk mempelajari berbagai hal, sehingga akan sangat erat dalam pembentukan kepribadian seseorang.

Setiap orang memiliki tipe belajar tersendiri dalam mempelajari banyak hal untuk menambah pengetahuan dirinya, sehingga cara tersebut belum tentu bisa diterapkan oleh setiap orang, karena daya ingat seseorang akan berbeda dalam proses memahaminya.

Berikut beberapa cara atau tipe belajar seseorang yang sesuai dengan kepribadiannya:

Tipe Sensing

Tipe belajar yang satu ini merupakan salah satu tipe yang melakukan praktik langsung di lapangan, sehingga mereka lebih mudah dalam mengulang dengan merekam materi pembelajaran yang telah dipelajarinya.

Seseorang dengan tipikal belajar ini, akan dengan mudah mengingat dan melekat atas materi tersebut sehingga metode ini sangat dianjurkan untuk digunakan dalam segi pembelajaran.

BACA JUGA:Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris Agar Makin Seru

Tipe Thinking

Tipikal belajar ini dilakukan dengan cara membaca buku dan mempelajari materi dari buku yang dibacanya sehingga dia akan menemukan sebab-akibatnya dari materi yang dipelajarinya.

Cara berfikir ini dipancing dari bacaan buku sebagai penyokong dirinya dalam mempelajari materi, sehingga otaknya mampu berfikir untuk menemukan akar permasalahannya.

Tipe Intuiting

Belajar dengan tipe seperti ini bisa menjadi metode yang efektif, yakni dengan membaca gambaran besar dari materi tersebut.

Dengan metode ini juga, kita dilatih untuk menemukan pola yang beragam akan materi pembelajaran, sehingga dengan gambaran besar itu, dapat dijadikan sebagai puzzle pembelajaran atas materi yang akan dipelajarinya itu.

Tipe Feeling

Tipikal belajar yang satu ini bisa membuat kita untuk terus berfikir dan menggali pengetahuan dari materi.

Dengan melakukan diskusi kelompok antar sesama untuk membahas pengetahuan dan mengungkapkan pendapat atau apa yang telah kita alami atas pengetahuan itu.

Tipe Insting

Belajar dengan menggunakan metode ini sangatlah efektif, di mana dengan menuliskan meteri pembelajaran berupa rangkuman.

Metode pembelajaran ini bukan hanya melatih daya ingat, tapi juga menuliskan inti materi, sehingga nantinya akan sangat mudah diulas untuk mengulang materi pembelajaran.

Bebapa tipe belajar di atas, dapat diaplikasikan bagi kita semua dan sangat efektif untuk diterapkan dalam metode pembelajaran sebagai cara tersendiri untuk melatih daya ingat kita, sehingga dapat melatih kepribadian kita dengan metode belajar ini.(*)

BACA JUGA:Pelajari 5 Jenis Motivasi untuk Semangat Belajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: