Ini Dia Teknik Belajar yang Cocok Buat Kamu yang Lemot

Ini Dia Teknik Belajar yang Cocok Buat Kamu yang Lemot

Ilustrasi metode belajar 4T.-pixabay/@DariuszSankowski-

INFORADAR.ID – Guys, kalian punya cara sendiri enggak sih tentang teknik belajar yang selama ini dilakukan, tapi itu tidak membuat kalian cepat lupa pada materi yang dipelajari?

Teknik belajar dinilai akan sangat berpengaruh terhadap daya ingat seseorang dalam mempelajari materi, sehingga tidak akan merasa cepat lupa mempelajarinya.

Terdapat banyak cara dan teknik agar kita bisa mempelajari banyak hal sehingga tidak membuat kita cepat lupa akan materi yang kita tekuni itu.

Adapun teknik dan cara belajar seseorang biasanya terdapat perbedaan, karena memang sesuai dengan kenyamanan yang mereka bangun, sehingga dengan mudah mereka mengingat dan tidak cepat lupa akan materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Yuk, simak teknik belajar 4T yang bisa kamu terapkan supaya kamu enggak cepat lupa dengan materi yang kamu pelajari.

BACA JUGA:Belajar Bahasa Inggris dengan 7 Film Ringan Berikut Bisa Bantu Kamu PD Speaking English

1. Tujuan

Tujuan kita untuk belajar dan mempelajari akan suatu hal menjadi pertanyaan utama setelah tentunya kita membangun niat untuk belajar.

Dengan adanya tujuan belajar, itu bisa menjadi pemacu seseorang ketika dirinya lengah dalam belajar, dan mengingan ke tujuan awal dia belajar, maka dia akan berusaha untuk terus menjalani pembelajaran itu.

Dengan itu, kita harus tau dengan jelas apa tujuan kita belajar, baik itu guna meningkatkan skill. Menyelesaikan pendidikan, atau karena hal lainnya.

2. Tanya

Cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri, mengapa kamu harus mempelajari hal itu dan untuk apa nantinya?

Bagaimana kamu bisa menerapkan dan mengaplikasikan ilmu kamu supaya enggak Cuma teori saja yang kamu dapatkan tapi kamu bisa memahami konsep dari materi yang kamu pelajari.

Jangan lupa, kamu harus bertanya pula kepada lingkungamu agar kamu bisa mengetahui lebih jelas lingkungan seperti apa yang cocok untuk kamu belajar.

Pertanyaan-pertanyaan juga akan sangat berpengaruh untuk membantu ketidaktahuanmu dalam hal apapun yang ingin kamu ketahui dan pelajari lebih dalam.

BACA JUGA:Rekomendasi 13 Channel Youtube yang Bakalan Bikin Kamu Ketagihan Buat BelajarBACA JUGA:Rekomendasi 13 Channel Youtube yang Bakalan Bikin Kamu Ketagihan Buat Belajar

3. Tandai

Ketika kamus sudah mempelajari sesuatu dari buku atau referensi yang telah kamu baca, kamu harus membuat dan memberikan tanda kepada poin-poin penting.

Hal itu bisa membantu kamu untuk mengetahui inti dari materi yang telah kamu pelahari, sehingga akan lebih membantumu untuk cepat memahami.

Dengan bantuan tanda yang telah kamu buat, ketika kamu kembali membuka buku yang telah kamu baca, kamu bisa langsung menemukan poin-poin inti materi di dalam buku itu.

Memberikan tanda warna seperti stabilo akan sangat membantumu langsung melihat warna mencolok itu sehingga kamu akan segera meliriknya untuk kamu baca kembali.

4. Tulis

Dengan menuliskan poin materi pembahasan yang diingat, itu menjadi cara yang sangat ampuh agar kita bisa sekaligus mengulas materi yang sekaligus kamu tuliskan itu.

Dengan menuliskan dan mencatat materi, kamu akan terbantu kjuga ketika nantinya akan kamu elajari ulang di masa mendatang.

Mencatat inti materi itu menjadi hal terpenting, mengapa? Karena kapasistas otak kita memiliki daya ingat yang terkadang terbatas.

Teknik belajar 4T itu bisa memudahkan kita dalam proses belajar agar cepat mengingat materi dan tidak cepat pula lupa akan apa yang dipelajari.

Teknik belajar 4T itu bisa kita coba untuk diaplikasikan dan nantinya kamu bisa memberikan penilaian setelah kamu menggunakan teknik itu dalam belajar.(*)

BACA JUGA:Berikut 3 Rekomendasi Channel Youtube Untuk Kamu Yang Ingin Belajar Copywriting Bagi Pemula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: