5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Ketika Memilih Jurusan

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Ketika Memilih Jurusan

Ilustrasi : seseorang yang sedang kebingungan saat memilih jurusan yang tepat-freepik/stockking-

INFORADAR.ID – Setelah menempuh pendidikan SMA, perjalanan akademik seseorang biasanya berlanjut ke perguruan tinggi. Tetapi ada salah satu masalah umum yang sering dialami oleh calon mahasisw baru yaitu dilema dalam memilih jurusan.

Sebagai mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru, kamu pasti masih bingung untuk menentukan jurusan yang tepat. Sebenarnya hal ini wajar-wajar saja, karena banyaknya jurusan di universitas.

Memilih jurusan kuliah yang tepat adalah modal untuk masa depan kamu. Jika kamu memilih jurusan kuliah yang tepat, setidaknya kamu sudah satu langkah lebih maju untuk menatap kehidupan yang sesungguhnya.

Berikut cara memilih jurusan yang tepat, agar kamu tidak menyesal.

1. Perhatikan minat dan bakat 

Minat adalah sesuatu yang kamu sukai, sedangkan bakat adalah sesuatu yang bisa kamu pelajari secara alamiah. Misalnya kamu suka fotografi, itu artinya minat. Berbeda dengan bakat, Jika kamu sedang memegang bola basket, dan kamu merasa nyaman dan lompatanmu ternyata tinggi, itu adalah bakat. Terkadang minat dan bakat bisa berbeda, tetapi bisa juga sama.

2. Perhatikan hal-hal yang paling kamu tidak suka

Dalam memilih jurusan, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang tidak kamu sukai. Mislanya kamu tidak suka dengan hitung-hitungan, kalian jangan mengambil jurusan akuntansi. 

Tetapi jika kamu suka tantangan, dan kamu memutuskan untuk mengambil jurusan yang kamu tidak suka untuk menaklukan hal yang paling kamu takuti, itu pilihan yang bisa kamu tentukan sendiri.

3. Perhatikan kemampuan yang kamu miliki

Kemampuan itu ada banyak loh. Contohnya kemampuan finansial orang tua, kemampuan akademik kalian. Itu juga perlu diperhatikan, jangan sampai memaksakan diri untuk masuk jurusan favorit, sampai bela-belain memakai joki atau menggunakan orang dalam. 

Hal ini untuk kebaikan kamu, jika kamu terus memaksa, maka kamu akan tertatih-tatih dalam mengikuti perkulihan nanti. 

4. Dengarkan dari masukan orang tua

Mendengar masukan dan nasihat dari orang tua itu penting, tetapi jangan jadikan ini sebagai satu-satunya acuan untuk memilih jurusan. Kalian bisa kompromikan dan kombinasikan masukan orang tua, masukan para ahli, masukan teman dan keinginan diri sendiri,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: