Tips Belajar yang Efektif Bagi Mahasiswa Baru, Wajib Banget Diterapkan

Tips Belajar yang Efektif Bagi Mahasiswa Baru, Wajib Banget Diterapkan

Ilustrasi : Mahasiswa baru yang sedang membaca materi pembelajaran kuliah. -pixabay/libellule789-

INFORADAR.ID – Guys, teruntuk kalian yang menjadi mahasiswa baru dan akan mulai masuk ke dunia perguruan tinggi, kalian wajib banget mengikuti sistem belajar ini, ya.

Sistem belajar di sekolah menengah tidak akan jauh berbeda dengan dengan sistem belajar di perkuliahan. Maka, kita selaku mahasiswa baru perlu menyiapkannya lebih matang.

Bedanya, waktu belajar di perkuliahan akan lebih fleksibel dan diri kita sendiri yang menyesuaikan loh. Namun bukan berarti kita menyepelekan hal itu dan mahasiswa baru perlu mulai beradaptasi dengan itu.

Sistem pembelajaran di perkuliahan akan cenderung di mana kita, sebagai mahasiswa yang akan mencari dan memperdalam materi perkuliahan dengan sendiri.

Dosen pengajar hanya memberikan tema materi, referensi dan sedikit menjelaskan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajarai dan selebihnya iserahkan terhadap individu atau kelompok.

Yuk, intip tips belajar yang sangat efektif bagi mahasiswa barau yang masih beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan:

1. Membaca materi sebelum kelas dimulai

Membaca materi terlebih dahulu sbelum jam perkuliahan dimulai, di mana kamu bisa membaca-baca materi apa yang akan dibahas hari itu dengan mempersiapkannya dari semalam.

Hal ini bisa membantumu akan kamu bisa ikut menjelaskan materi apa yang dipaparkan oleh dosenmu dan kamu tinggal menambahkan terkait materi yang belum kamu pahami.

Salah satu cara membuat dan memahami materi ni kita bisa membuat poin-perpoin inti materi pembahasan.

2. Mengkombinasikan materi dan PPT

Nah, jika materi yang sudah kamu buat dan kamu kumpulkan dalam bnetuk poin ke poin, maka kamu bisa mencantumkan itu ke dalam Power Point (PPT)

PPT menjadi salah satu media pembelajaran di mana ketika kamu mendapat giliran untuk presentasi, kamu bisa menggunakan PPT dengan poin-poin materi.

Poin-poin materi tersebut, bisa membantumu untuk memaparkan materi dan kamu harus mengembangkan materi-materi tersebut.

3. Eksplorasi materi

Pengembangan materi atau eksplorasi materi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber yang kamu ketahui.

Wawasan kamu tentang materi yang terkait akan semakin bertambah jika kamu terus mengalinya dan pemaham kamu akan semakin kuat.

Dengan eksplorasi materi juga, bisa membantu kamu agar lebih luwes dalam menyampaikan materi di depan kelas.

4. Mengulas dan menambahkan materi

Setelah pembelajaranmu di kelas telah usai, kamu bisa membuka ulan gmateri kamu dengan membaca dan memahaminya kembali.

Dengan itu, kamu juga bisa mencatat materi yang belum kamu tuliskan sehingga akan membantumu agar paham lebih dalam mengenai materi tersebut.

Hal ini bisa membantumu agar bisa mengerjakan ujian yang ada pada setiap semesternya sehingga kamu tidak merasa kesulitan dengan itu.

Hal itulah yang kemudian menjadi sala satu sistem efektif dalam pembelajaran terlbih bagi mahasiswa baru yang mungkin saja kebingungan dengan adanya perbedaan metode pembelajran di perkuiahan.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: