Daftar Lagu Daerah Asal Banten Paling Populer, Bahkan Disadur Penyanyi Asal Taiwan

Daftar Lagu Daerah Asal Banten Paling Populer, Bahkan Disadur Penyanyi Asal Taiwan

lagu daerah asal Banten--freepik

INFORADAR.ID - Lagu Jereh Bu Guru yang hampir sebagian dari kalian dengarkan saat perpisahan sekolah merupakan salah satu lagu daerah asal Banten.

Banten merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat ini terkenal akan objek wisata pulau yang beragam dan indah. Tak hanya Banten juga memiliki keberagaman budayanya.

Tak hanya terkenal dengan kesenian debus dan rampag bedugnya Banten juga memiliki lagu daerah yang sarat akan makna kehidupan.

Seperti lagu Dayung Sampan yang sempat populer dan telah dinyanyikan oleh penanyi-penyanyi terkenal asal Sunda.

Lagu Dayung Sampan juga pernah disadur oleh penyanyi legendaris asal Taiwan, Teresa Teng dengan judul Tian Mi Mi tahun 1979.

BACA JUGA : 10 Pahlawan Indonesia yang Berasal dari Banten

Mari kita ulas beberapa makna lirik lagu daerah Banten yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Banten dari dulu hingga sekarang.

Jereh Bu Guru

Jereh Bu Guru adalah sebuah lagu daerah Banten yang ditulis oleh A. Syahri Aliman dalam bahasa Jawa Serang. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Jereh Bu Guru berarti 'Kata Bu Guru'.

Lirik lagu daerah Banten ini sederhana dan terdiri dari tiga bait.

Makna Jereh Bu Guru yakni menasihati anak-anak untuk selalu memperlakukan, mendengarkan nasihat orang tua dan agama serta bekerja keras untuk menjadi orang yang berguna.

Tong Sarakah

Tong Sarakah adalah lagu daerah Banten lainnya, yang juga digubah oleh A. Syahri Aliman. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Tong Sarakah berarti 'Jangan serakah'. 

Sesuai dengan judulnya, lagu ini menyampaikan pesan moral untuk tidak serakah dalam kehidupan ini dan selalu mengingat kehidupan akhirat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: